Pospapua.com
Sosialisasi Pemilu untuk disabilitas di Kota Jayapura. (Foto: istimewa)
Nusantara

Ratusan Disabilitas di Kota Jayapura tidak Terdaftar dalam DPT

Oleh: Hasibuan Aman | 

Pospapua.com, Jayapura – Ratusan penyandang disabilitas di Kota Jayapura terancam tidak bisa menggunakan hak pilih pada Pemilu 17 April 2019 mendatang karena tidak terdaftar dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap ) di KPU Kota Jayapura.

‘’Sampai hari ini yang masuk DPT hanya 162 orang, padahal jumlah disabilitas di Kota Jayapura ini hampir 700  orang. Penyandang disabilitas juga memiliki hak yang sama dengan warga lainnya, tapi sangat disayangkan mereka ini belum terdaftar,” kata Robby Yong  Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kota Jayapura di Jayapura, Jumat (5/4).

Robby mengatakan, KPU Kota Jayapura tidak memperbaharui DPT disabilitas karena yang digunakan saat ini masih DPT lama yang digunakan saat pemilihan Wali Kota tahun 2017 lalu. ‘’Jumlah DPT  ini digunakan pada pemilihan wali kota lalu, dan tahun  ini digunakan lagi. Itu berarti data disabilitas ini tidak diperbaharui oleh KPU,’’ jelasnya.

Yong berharap suara pemilih disabilitas tetap bisa digunakan nanti pada saat pemugutan suara. ‘’Kami berharap ada koordinasi KPU dengan dinas kependudukan dan pencacatan sipil agar ratusan suara milik disabilitas ini bisa mereka pergunakan,’’ terangnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kota Jayapura, Rinto Pakpahan, mengatakan sangat disayangkan jika Disabilatas yang mempunyai hak pilih tidak bisa memilih hanya karena tidak terdaftar dalam DPT.  

‘’Kami akan berkoordinasi dengan jajaran KPU agar mereka ini  dimasukan dalam pemilih khusus sehingga jam 12 keatas mereka ini diprioritaskan untuk memilih,” ujarnya. (NDS) 

Baca Juga:

Pasca Banjir, Pengungsi mulai Terserang Berbagai Penyakit

Nethy Dharma Somba

Dana Otonomi Khusus Papua TA 2019 Belum Cair

Nethy Dharma Somba

IPPI Dorong Pendidikan Seksual Reproduksi Masuk Sekolah

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment