Pospapua.com
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring menyematkan pangkat baru kepada prajurit Kodim 1714 Puncak Jaya karena berhasil merangkul kelompok seperatis bersenjata. (foto : Pendam)
Khazanah

Rangkul Separatis, Tiga Prajurit TNI Naik Pangkat

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Tiga prajurit TNI dari Kodim 1714 Puncak Jaya mendapat kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) karena keberhasilannya merangkul  kelompok separatis bersenjata (KSB) kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

Penggalangan dengan pendekatan humanis yang dilakukan ketiganya berhasil mendapatkan satu pucuk senjata api Mouser dan tiga butir amunisi kaliber 7,62 milimeter (mm) milik kelompok tersebut. Ketiga anggota penerima KPLB yakni Serka Jefri Efradus May, Serka Oktavianus ST Wihyawari dan Sertu Paduwi Yunanto.

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring mengatakan, kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) merupakan sebuah kebanggaan bagi seorang prajurit karena  tidak semua bisa mendapatkan penghargaan tersebut.

“KPLB hanya diberikan kepada prajurit yang berprestasi,” kata Yosua Pandit saat memimpin upacara kenaikan pangkat di Aula Tony A Rompis Makodam, Selasa (13/8).

Kenaikan pangkat luar biasa ini patut diberikan kepada ketiganya karena berhasil mengajak pengikut kelompok separatis bersenjata pimpinan Goliat Tabuni. Mereka yakni  Telengga Gire, Piningga Gire, Tekiles Tabuni dan Perengga.

“Pendekatan kemanusiaan yang mereka lakukan merupakan wujud dari keberhasilan kegiatan teritorial dengan mengedepankan pendekatan humanis yang diterapkan di wilayah Papua,” tegasnya.

Dia berharap penghargaan kenaikan pangkat ini dapat memacu prajurit TNI untuk berbuat lebih baik khususnya Kodam XVII/Cenderawasih. “Saya berterima kasih karena memberikan motivasi dan membimbing serta memberikan arahan kepada prajuritnya, sehingga para prajurit dapat menunjukan prestasinya,” tuturnya. (asi)

Baca Juga:

Diver Clean Action, Akrabkan Pemuda dengan Issu Kelautan

Nethy Dharma Somba

Mengenal Suku Tengger, Penduduk Yang Tinggal di Gunung Bromo

hamim

Balug, Rumah Adat Tempat Penyimpan Tengkorak

Firman

1 comment

Galang Separatis Akui NKRI, Tiga Prajurit TNI Naik Pangkat - Indonesia Inside 13 August 2019 | 19:10 at 19:10

[…] Indonesiainside.id, Jayapura – Tiga prajurit TNI dari Kodim 1714 Puncak Jaya mendapat kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) karena berhasil menggalang kelompok separatis bersenjata (KSB) kembali ke pangkuan ibu pertiwi. […]

Reply

Leave a Comment