Pospapua.com
Rapat pleno KPU Papua soal penetapan peroleh kursi dan calon terpilih DPRD Papua di Grand Abe Hotel Jayapura. (foto : Achmad Syaiful)
Politik

Raih Suara Terbanyak, NasDem Menangi Pileg di Papua

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua menetapkan Partai Nasional Demokrat (NasDem) sebagai partai pemenang dalam Pemilihan Legislatif 2019 dengan meraih suara terbanyak pada 7 daerah pemilihan (dapil) di Papua.

Dalam rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Papua Theodorus Kossay di Grand Abe Hotel, Kota Jayapua, Rabu (14/8) siang, Partai Nasdem meraih 8 kursi dari 7 Dapil dengan jumlah suara sebanyak 450.840 suara.

Posisi kedua ditempati Partai Demokrat yang meraih 8 kursi dengan 430.648 suara, disusul PDIP dengan perolehan 7 kursi. Sementara Partai Golkar dan PAN masing-masing memperoleh  6 kursi, disusul Gerindra yang memperoleh 5 kursi.

Tiga partai lainnya yakni PKB, Berkarya dan PKS masing-masing memperoleh 3 kursi. Demikian juga Partai Garuda, Perindo, PPP masing-masing memperoleh 1 kursi. Sedangkan PBB, PSI dan PKPI tak mendapat jatah kursi di DPRP Papua.

Ketua KPU Papua Theodorus Kossay usai penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Papua, menegaskan, pihaknya segera mengumumkan hasil penetapan tersebut dan mengusulkan nama-nama anggota terpilih DPRD  untuk diserahkan kepada Gubernur Papua agar segera dilantik.

Menurutnya, proses penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Papua ini memakan waktu lima hari setelah adanya putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak seluruh gugatan Pileg di Papua.

“Putusan MK adalah mengikat dan final maka itu saya mengimbau masyarakat setempat untuk menerimanya dengan lapang dada,” pintanya.

Bagi calon terpilih, KPU Papua  mengingatkan agar segera menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPU dalam kurun waktu 7 hari kedepan. “Ini wajib untuk diserahkan ke KPK,” katanya. (asi)

Baca Juga:

KPU Umumkan Jumlah Caleg Eks Terpidana Korupsi Jadi 81 Orang

hamim

MK Mulai Sidangkan Sengketa PHPU Pileg

Nethy Dharma Somba

Capres Prabowo Subianto: Pejabat Pemerintah Jangan Ancam Rakyat

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment