Pospapua.com
Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano meninjau usaha kuliner bakso kelapa yang digagas pebisnis muda. (foto : Achmad Syaiful)
Ekonomi Kreatif

Puluhan Putra Dearah Papua Dibentuk Jadi Pebisnis Muda

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Puluhan putra-putri asli daerah Papua dibentuk menjadi pengusaha muda oleh PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia)  selama 30 hari di Jayapura. Pendampingan bisnis ini sebagai kelanjutan program pendidikan kewirausahaan kaum muda.

Country CEO Community Ivestment Prudential Indonesia, Rinaldi Mudahar kepada wartawan di Pasar Mama Papua Jayapura, Rabu (21/8) mengatakan,  program pendidikan kewirausahaan bagi kaum muda di Papua seiring peringatan kemerdekaan Indonesia ke -74 yang mengetengahkan semangat SDM Unggul Indonesia Maju.

Pendampingan selama 90 hari ini telah menghasilkan 50 persen pengusaha muda peserta mulai melangkahmaju dengan mengoptimalkan dukungan menyeluruh dari program pendidikan kewirausahaan kaum muda.

Seperti dukungan pendanaan serta pendampingan kewirausahaan secara intensif oleh sosok-sosok berpengalaman. Dukungan  ini sangat penting karena mereka merupakan SDM unggul kebanggaan tanah Papua yang siap mengakselerasi pertumbuhan ekonomo lokal hingga nasional.

“Hari ini mereka akan kembali menerima pelatihan bersama para mentor profesional dan berpartisipasi pada pameran usaha di Pasar Mama-Mama Papua. Total 28 pengusaha muda yang kini mendapat pendampingan,” ujar Rinaldi.

Rinaldi menyebutkan, program ini bertujuan membekali pemuda dengan pengetahuan dan keterampilan untuk memulai menjalankan usaha skala kecil yang sukses bagi anak muda yang berusia 18-35 tahun di Kota Jayapura.

Program ini juga dilengkapi berbagai workshop, seperti business motivation workshop, financial literacy workshop dan business model canvas workshop. “Program ini dirancang mengacu pada kurikulum internasional yang telah diimpelemtasikan lebih dari 100 negara. Kini disesuaikan khusus untuk masyarakat Papua,” katanya.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano meninjau kerajinan tangan hasil kreasi pengusaha muda Papua. (foto : Achmad Syaiful)

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano  mengapresiasi kemajuan program yang diinisiasi Prudential Indonesia.  Dia menilai kehadiran program pendidikan kewirausahaan kaum muda ini menjadi salah satu program yang patut didukung karena memberikan sumbangsih besar bagi kemandirian ekonomi masyarakat Papua.

“Hanya dalam waktu singkat, program ini telah memberikan dampak positif bagi para pengusaha muda serta lingkungan disekitarnya,” katanya.

Elke Elisabeth Boyar, salah satu pengusaha muda Papua dari Distrik Muara Tami mengaku sangat terbantu dengan pelatihan program pendidikan kewirausahaan kaum muda ini. “Saya semakin memahami strategi tepat dalam penjualan produk, mulai dari pengemasan, teknik pemasaran dan komunikasi,” tuturnya.

Dia pun kini telah memberdayakan mama-mama di lingkungan sekitar tempat tinggalnya untuk membantu menjalankan bisnis kuliner produk nugget ikan yang telah ditekuninya. “Kami harap pengusaha muda lebih jeli dalam memanfaatkan peluang, menjawab tantangan dan melewati rintangan dalam menjalankan usahanya, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup diri sendiri,” pesan Elke. (asi)

Baca Juga:

Kathinka Soumilena, Racikan Kopinya Setara Barista

Nethy Dharma Somba

Dari Indonet ke Startup Unicorn “Yang Online-Online Itu” (2)

hamim

Anyaman Ketak Lombok Karya Tradisional yang Masih Bertahan

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment