Pospapua.com
Ilustrasi: Penjual beras. Foto: Harnas
Ekonomi

Prabowo Sebut Harga Beras Termahal di Dunia, Jokowi Klaim Termurah

Oleh: Andryanto S |

Sebelum debat calon presiden (capres) sesi kedua dimulai pada Minggu (17/2), kedua capres sudah terlibat ‘perdebatan’ terkait harga beras dan harga daging.

Pospapua.com, Jakarta – Kedua capres mulai terlibat ‘perdebatan’ terkait harga besar dan daging. Perdebatan ini terjadi dua hari sebelum debat resmi yang akan digelar pada Minggu.

Saat menggelar kampanye Pilpres 2019, Prabowo Subianto capres nomor urut dua mengatakan harga daging dan beras di Indonesia tertinggi sedunia. “Beras di Indonesia jadi salah satu yang tertinggi di dunia. Demikian juga Daging tertinggi di dunia. Daging ayam tertinggi di dunia. Salah satu yang tertinggi di dunia,” katanya, Kamis.

Prabowo pun bertekad untuk memperjuangkan agar keadaan tersebut tidak terjadi lagi di masa mendatang.

Merespons hal itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut harga daging dan beras di Indonesia justru termasuk yang termurah di dunia jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

“Coba dicek di seluruh dunia itu harga (daging dan beras) kita ada pada posisi yang seperti apa. Kita ini termasuk memiliki harga yang termurah di dunia. Baik itu yang namanya beras, maupun yang namanya daging,” kata Presiden Jokowi setelah membuka acara Tanwir Muhammadiyah di Bengkulu, Jumat.

Menurut Mantan Gubernur DKI itu, harga-harga komoditas tersebut di Indonesia hanya kalah murah dibandingkan dengan negara-negara tertentu saja. Selebihnya, harga itu lebih kompetitif bahkan lebih murah.

“Kita itu mungkin hanya kalah murahnya jika dibandingkan dengan 1, 2, 3, 4, 5, 6 negara. Sri Lanka kita kalah murah, Bangladesh kita kalah murah. Kemudian mana lagi? Vietnam kita kalah. Tapi untuk yang lain-lain kita masih lebih murah,” katanya.

Ia juga menegaskan harga daging di Indonesia pun bervariasi tergantung kualitas dan kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen.

“Untuk daging, daging itu kan tergantung mau pilih yang mana. Ada yang Rp80 ribu, ada. Ada yang Rp120 ribu, ada. Yang wagyu, Rp500 ribu juga ada,” katanya.

Saat ditanya terkait tudingan harga yang mahal, Jokowi mempersilakan untuk mengecek sendiri ke lapangan. “Ya coba dicek sendiri,” katanya. (*/Dry/Ant/INI-Network)

Baca Juga:

September, Honda Genio Mulai Dipasarkan di Papua

Nethy Dharma Somba

Rupiah Melemah Lagi, Kini Rp 14.300/US$

Syaiful

Faisal Basri: Infrastruktur Tanpa Perencanaan Cenderung Bermasalah

hamim

Leave a Comment