Pospapua.com
Menpora Imam Nahrawi menendang bola di Stadion papua Bangkit tempat perhelatan PON XX tahun 2020 mendatang. (foto: hasibuan aman)
Olahraga

PON XX di Papua, Pemda Jayapura Siap Berikan Dukungan

Oleh: Hasibuan Aman |

Pospapua.com, Jayapura- Pemda Kabupaten Jayapura melakukan sosialisasi serta pengawasan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan PON XX tahun 2020 mendatang karena pusat kegiatan PON nantinya di Kota Sentani dimana sudah dibangun stadion termegah kedua di Indonesia setelah Stadion Gelora Bung Karno.

Wakil Bupati Jayapura Giri Wijayantoro mengatakan, pelaksanaan PON di Papua ini tidak boleh gagal karena alasan kurang dukungan maupun fasilitas. “Yang jelas pelaksanaan PON di Papua itu menjadi satu komitmen dari Presiden RI Joko Widodo, ”ujar Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro, Selasa (25/6).

Giri menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Jayapura ikut serta memantau atu melakukan pengawasan terhadap beberapa pembangunan beberapa venue di wilayah kabupaten setempat. “Jadi kita sudah bagi-bagi  OPD untuk pembangunan infrastruktur. Kebetulan Kabupaten Jayapura ini pintu gerbang kedatangan para atlet nanti,” ungkapnya.

Selain itu, jelas Giri, ada juga pihak BUMN yang turun ikut membantu mempercepat pembangunan fasilitas penunjang kegiatan PON ini seperti pembangunan jalan dan pengembangan Bandara Sentani.

Menurut Giri, PON XX yang akan dilaksanakan di Papua adalah program strategis, besar dan membanggakan, baik bagi pemerintah daerah di provinsi dan kabupaten/kota maupun bagi masyarakat Papua pada umumnya. Sebab akan menjadi sejarah bahwa Papua diberi kepercayaan besar untuk menggelar even olahraga bergengsi ini.

“PON XX nanti merupakan momentum bagi kita orang Papua utuk menunjukkan kepada dunia bahwa kita mampu melaksanakan perhelatan olahraga besar di Papua sehingga kita bisa dipandang sejajar dengan wilayah lain di Indonesia. Dan bahwa Papua aman bagi siapa saja yang akan datang. Oleh karena itu kita harus siapkan diri agar sukses menjadi tuan rumah nanti,” kata Giri.

Pelaksanaan PON XX Papua ini nantinya akan digelar di beberapa kabupaten/kota seperti di Jayapura, Timika, Merauke, Biak, dan Wamena. Sejumlah venue pun sedang dibangun saat ini.

“Penyebaran tempat pertandingan ke beberapa Kabupaten/Kota dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan Papua, pariwisata Papua, dan infrastruktur dasar di berbagai daerah di Provinsi Papua karena tentunya akan dibangun infratsruktur pendukung pelaksanaan PON di sekitar lokasi pertandingan atau perlombaan,” tuturnya. (nds)

Baca Juga:

Satu Wakil Indonesia Pastikan Tempat di Final

Syaiful

Golden State Warriors Menang Dramatis Kontra Houston Rockets

hamim

Duel Persipura Vs Bali United, Jalan Terjal Menuju Posisi Dua

Syaiful

Leave a Comment