Pospapua.com
tilang-pemotor
Petugas Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura Kota menjelaskan kesalahan pemotor berhenti di Jalur Ring Road Jayapura, Sabtu (19/10). (foto : Humas Polresta)
Hukum & Kriminal

Polisi Tepati Janji, Tilang Pemotor Bandel di Jalur Ring Road Jayapura

Oleh: Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Aparat Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura Kota akhirnya menepati janji memberikan sanksi tilang bagi pengendara motor (pemotor) yang bandel berhenti di Jalur Ring Road Jayapura.

Setidaknya lima pemotor terjaring dalam patroli gabungan bersama Dinas Perhubungan Kota Jayapura di kawasan jalur bebas hambatan, Sabtu (19/10) sore. Mereka langsung ditilang karena parkir di sepanjang Jalur Ring Road.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav R. Urbinas saat dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas Polresta, Iptu Jahja Rumra, membenarkan terjaringnya lima pemotor di Jalur Ring Road Jayapura. Mereka terjaring tim patroli yang dipimpin Kabag Sumda Polresta, Kompol Willem E. Lumi.

“Tadi sore lima pemotor kami berikan tilang karena berhenti di Jalur Ring Road. Langkah tegas ini diterapkan karena masyarakat bandel dengan tidak menghiraukan imbauan kami,” kata Jahja, Sabtu (19/10).

Polres Jayapura Kota terpaksa menyita tiga sepeda motor pelanggar Jalur Ring Road karena pengendara tidak dapat menunjukan surat-surat kendaraan. “Tiga motor dan 2 Surat Ijin Mengemudi (SIM) disita untuk proses lebih lanjut,” ujarnya.

Perintah sanksi tilang terhadap pemotor di jalur bebas hambatan ternyata telah diserukan Wakil Walikota Jayapura, Rustan Saru saat menggelar aksi bersih-bersih sampah menyambut pemimpin baru di kawasan wisata Pantai Hamadi, Sabtu pagi.

“Kita minta kepada aparat kepolisian mulai hari ini, malam minggu, jika ada masyarakat yang masih berhenti ditindak tegas tilang langsung karena melanggar peraturan dan ketentuan, dan mengancam keselamatan jiwa diri sendiri maupun orang lain,” kata Rustan.

Sebelumnya, kata Rustan, imbau kepada masyarakat telah disampaikan agar tidak berhenti maupun memarkir kendaraan di area Jalur Ring Road. Dia pun tidak membenarkan alasan masyarakat berhenti karena ingin berswafoto, memancing ikan, bahkan pacaran.

“Jadi kendaraan tidak boleh parkir, entah mau selfie (swafoto), mancing atau pacaran. Ini jalan adalah jalur bebas hambatan, jalan tol,” tandas Rustan. (Asi)

Baca Juga:

Palsukan Identitas Paspor, Pentolan ULMWP Terancam Penjara 7 Tahun

Syaiful

Polisi Pastikan Penduduk Asli Wamena Tak Terlibat Kerusuhan

Syaiful

Penjaga Kios Tewas Karena Tiga Tembakan

Syaiful

1 comment

J.Kartenz 20 October 2019 | 10:19 at 10:19

Tks pak.Lantas yg sdh lakukan tugasnya dgn memberikan penjelasan yg baik dan juga surat tilang 500rb….z agap baik krn di setor ke Negara.
Tegakan atur terusss yea jgn sdh terjadi kecelakaan baru bertindak.
Tegakan kebanaran dan keadailan walaupun lagit akan runtuh.
Kami masyarakat tetap memantau dilapagan kinerjanya sesuai SOP dan juga akan memberikan kritik/saran.
Salam Keselamatan.Barvo Satlantas Polrestakota.

Reply

Leave a Comment