Pospapua.com
Komplotan penipu modus catut nama pejabat Polda Papua, Selasa (12/11). (foto: Indonesiainside.id)
Headline Hukum & Kriminal

Polisi Tangkap Komplotan Penipu Modus Catut Nama Pejabat Polda

Oleh: Imam Rosidin  |

Pospapua.com, Denpasar- Tim Subdit V/Cyber Crime Direktorat Reskrimsus Polda Bali berhasil membongkar sepak terjang komplotan penipu daring dengan modus mencatut nama pejabat kepolisian, Selasa (12/11).

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Hengky Widjaja mengatakan, tiga pelaku berhasil dibekuk di wilayah Bekasi dan Jakarta Timur. Mereka yakni PCV, NIA dan MUR. “Ketiganya satu komplotan yang meresahkan masyarakat,” katanya, Selasa (12/11)

Terungkapan kasus ini berdasarkan laporan I Putu Oka Semadi pada 23 Oktober 2019.  Dia mengaku ditipu para pelaku yang mengaku sebagai pejabat Polda Bali. “Komplotan ini mengaku sebagai pejabat Polda Bali dan korban ditipu melalui whatsapp, hingga kerugian mencapai Rp20 juta,” terangnya.

Berbekal laporan, Polda Bali mengerahkan Tim Cyber Crime pimpinan Kanit I Kompol I Wayan Wisnawa Adiputra untuk  melakukan penyelidikan. Pelaku MUR terlacak berada di wilayah Jakarta Selatan.

“MUR ditangkap terlebih dahulu, kemudian giliran NIA dibekuk di Bekasi dan PVC di Ciputra Timur, Tangerang Selatan,” paparnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, NIA mengaku menerima transfer uang Rp20 juta hasil penipuan dari ayah kandungnya berinisial SAA yang kini berstatus narapidana di Rutan Kelas II B Gresik, Jawa Timur.  “SAA ditangkap Polda Jawa Timur karena kasus penipuan daring,”tegasnya.

Dari tangan NIA, Polda Bali juga menyita dua unit handphone dan kartu ATM. Sementara dari tangan MUR berupa uang Rp 900 ribu dan dua buku tabungan, PCV dan sebuah handphone.

Hengky menambahkan, pihaknya masih melakukan pengembangan lebih lanjut guna mengungkap keterlibatan pelaku lain. “Kami masih Masih dilakukan pengembangan,” kata perwira yang sebentar lagi pindah ke Divisi Humas Mabes Polri ini. (Ari/Asi/ INI Network)

Baca Juga:

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan 25 Kg Sabu dari Malaysia

Syaiful

Bentrok di Deiyai, Tiga Aparat Terkena Panah, Satu TNI Gugur

Syaiful

Polda Metro Bongkar Jaringan Narkoba Malaysia, 21 Kg Sabu Disita

Syaiful

Leave a Comment