Pospapua.com
Stadion Papua Bangkit pada malam hari. (Istimewa/ FB Athoe)
Nusantara

PLN Siap Pasok Aliran Listrik ke Stadion Papua Bangkit

Oleh: Dharma Somba |

Daya yang dimiliki PLN di Jayapura saat beban puncak mencapai 60-65 MW sementara kapasitas listrik yang dimiliki sebesar  90 MW, Stadion Papua Bangkit hanya membutuhkan 4 MW.

Pospapua.com, Jayapura  PLN Wilayah Papua dan Papua Barat siap memasok listrik ke Stadion Papua Bangkit yang merupakan stadion kedua terbesar di Indonesia setelah Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta.

Stadion yang memiliki luas 71,696 meter persegi membutuhkan 4 MW daya listrik untuk penerangan dan peralatan yang membutuhkan tenaga listik.

‘’Stadion Papua Bangkit membutuhkan 4 MW daya listrik, untuk penerangan dalam satdion, taman, jalan serta kebutuhan listrik di Wisma dan fasilitas lainnya di area stadion,’’ terang Manajer Komunikasi PLN Wilayah Papua dan Papua Barat, Septian Pujiyanto di Jayapura, Selasa (26/2).

Saat ini PLN area Jayapura memiliki daya listrik berkapasitas 90 MW yang berasal dari tiga sumber, PLTMG sebesar 50 MW, PLTU Holtekamn 2×10 MW dan PLTA Orya di Genyem sebesar 2×20 MW.

Pemasangan instalasi menurut Septian saat ini sedang dikerjakan dan diharapkan triwulan kedua sudah selesai.

‘’Nantinya akan dilakukan pemasangan kabel bawah tanah yang sumbernya langsung dialirkan dari gardu induk di Kampung Harapan. Saat ini masih pada tahap penyediaan material,’’ jelas Septian.

Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan Sentani, Jayapura Papua dibangun untuk penyelenggaraan POn XX tahun 2020 dimana Papua menjadi tuan rumah.

Stadion di bangun di areal seluas 13,7 kilometer persegi, dengan biaya Rp 1,3 triliun, berkapasitas 40-45 ribu penonton. Diperkirakan rampung April 2019. Saat ini sedang dilakukan pengaspalan lintasan dalam stadion.

Selain di Stadion Papua Bangkit, PLN juga sedang mengerjakan pemasangan kabel bawah tanah di Stadion Mandala Jayapura. ‘’Saat ini kabel di Stadion Mandala kan terpasang di luar, karena pertimbangan estetika maka diubah menjadi kabel bawah tanah. Stadion Mandala juga nantinya digunakan saat PON XX,’’ terangnya.

Di Daerah lain juga  seperti Biak dan Merauke, PLN siap memasuk alirasn listrik ke venue yang dibangun untuk PON XX. 

Biak saat ini memiliki pembangkit PLTMG berkapasitas 15 MW dan di Merauke pembangkit PLTMG berkapasitas 20 MW.

‘’Untuk pemgadaan listrik di venue-venue yang dibangun di dua Biak dan Merauke, saya pikir PLTMG yang ada di dua daerah tersebut mampu untuk memasok daya listrik,’’ terang Septian. (NDS) 

Baca Juga:

Antisipasi Lonjakan Penumpang Pesawat, Bandara Sentani Cek Fasilifas

Nethy Dharma Somba

Festival Crossborder Skouw Berlangsung Aman, Kemenpar Apresiasi Yonif 328/DGH

Nethy Dharma Somba

Buka Hari Ini, Festival Teluk Humboldt 11 Tampilkan Kekayaan Budaya Papua

Syaiful

Leave a Comment