Pospapua.com
Pemasangan battery storage di rumah penduduk. (foto: humas PLN Jayapura)
Nusantara

PLN Salurkan 146 Battery Storage di Papua

Oleh: Dharma Somba |

Pospapua.com, Jayapura – Untuk melistriki rumah dan fasilitas umum di Papua yang sulit terjangkau jaringan listrik, PLN membagikan battery storage (tabung listrik).

Sebanyak 146 set  battery storage yang dibagikan, 46 set di Jayapura, 75 set di Wamena dan 25 set di Merauke.

“Battery Storage atau tabung listrik ini merupakan salah satu upaya kami untuk memberikan penerangan kepada masyarakat, tempat sosial dan juga pos penjagaan di daerah perbatasan. Kami berharap bantuan penerangan ini dapat memberikan manfaat kepada penerima” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat J A Ari Dartomo, di Jayapura, Rabu (17/7).

Dijelaskan, sistem kerja battery storage menyerupai Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yaitu menggunakan panel surya yang dihubungkan ke power bank atau tempat penyimpanan daya. Nantinya daya yang tersimpan akan dialirkan ke tiga titik lampu yang ada.

Lokasi penerima dipilih karena saat ini daerah tersebut belum terlistriki oleh PLN. ‘’Salah satu faktornya adalah kondisi geografis yang masih kurang memungkinkan untuk pemasangan jaringan dan pembangkit. Pemasangan battery storage juga akan berpengaruh pada rasio elektrifikasi di Papua,’’ jelasnya.

Bantuan tersebut diharapkan dapat bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi yang lebih bagi penerima. PLN juga terus berupaya untuk mencari solusi terbaik bagi masyarakat yang belum terlistriki di daerah-daerah terpencil. Tujuannya agar seluruh masyarakat Papua dapat menikmati listrik tanpa terkecuali. (nds)

 

Baca Juga:

6.831 Korban Banjir Bandang Ditampung di Pengungsian

Nethy Dharma Somba

Terjebak Banjir, Pasangan Lanjut Usia Diselamatkan Prajurit Yonif 751/VJS

Nethy Dharma Somba

Polda Papua Siap Lindungi Gunung Cycloop

Nethy Dharma Somba

1 comment

PLN Salurkan 146 Battery Storage di Papua - Info Politik 18 July 2019 | 7:08 at 07:08

[…] 17 July 2019 | 15:4017 July 2019 | 19:560 […]

Reply

Leave a Comment