Pospapua.com
Pasangan suami istri Sumar’um dan Ulfatul Jannah yang saling bertarung di Pilkades Lebeng Barat bak pasangan pengantin.
Headline Politik

Pilkades Lebeng Barat Mirip Hajatan, Warga Pilih Coblos Istri Petahana

Oleh: Rizki Daniarto |

Pospapua.com, Sumenep Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Lebeng Barat, Kecamatan Pasongsongan, Sumenep, tergolong unik. Bukan hanya dekorasi yang tidak biasa, tetapi calon yang bertarung merupakan sepasangan suami istri (pasutri).

Suasana yang dimunculkan dalam Pilkades di Lebeng Barat pun lebih mirip dengan resepsi pernikahan dibanding pemungutan suara. Kedua calon duduk bersanding di kuade. Setting di kursi pemilihan pun lebih mirip dengan kursi pelaminan.

Bahkan, para tamu yang datang juga dipersilahkan berfoto bersama kedua calon, layaknya foto bersama pasangan pengantin. Setiap tamu yang datang untuk memberikan hak suaranya, dipersilakan makan di tempat yang telah disediakan.

Suasana ketegangan sama sekali tak nampak dalam Pilkades itu. Justru suasana kebahagiaan dan kekeluargaan sangat terasa. Antusias masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya pun sangat tinggi, mereka rela antri dengan tertib masuk ke bilik suara.

Kocaknya, Sumar’um petahana Pilkades malah dibikin tak berdaya oleh sang istri, Ulfatul Jannah. Perolehan suara cakades petahana justru tertinggal jauh di bawah perolehan suara istrinya.

Hasil penghitungan, dari 3.422 surat suara yang masuk, Sumar’um mengantongi suara 854 dan istrinya mendulang 2.441 suara. Dengan demikian, Ulfatul Jannah mampu menumbangkan perolehan suara sang suami.

Menanggapi hasil Pilkades itu, Sumar’um mengaku cukup puas. Jabatan kepala desa yang sudah diembannya selama 2 periode, memang sudah saatnya berganti pada yang lain, meski masih istrinya sendiri.

“Saya sama sekali tidak mempermasalahkan perolehan suara jauh di bawah istri saya. Bahkan saya dapat 0 suara juga tidak masalah. Biarlah ganti istri saya yang memimpin desa ini,” ucapnya.(Riz/Asi/INI Network)

Baca Juga:

Tim Kesehatan ke Bomela Yahukimo, Cek Informasi Kematian Belasan Warga

Nethy Dharma Somba

Dinilai tidak Objektif, Tempo Dilaporkan ke Dewan Pers

Nethy Dharma Somba

Megawati Kembali Nahkodai PDIP

Syaiful

Leave a Comment