Pospapua.com
Aktivitas di SPBU Nagoya, Kota Jayapura pasca rusuh, Sabtu (31/8). (foto : Achmad Syaiful)
Ekonomi

Pertamina Pastikan Stok BBM Aman Pasca Rusuh

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – PT Pertamina MOR VIII Maluku – Papua memastikan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam kondisi aman di Terminal BBM Jayapura, pasca rusuh di Kota Jayapura, Kamis (29/8) lalu.

“Konsumen tidak perlu khawatir terkait ketersediaan BBM karena stok di Terminal BBM dalam kondisi baik dan kami senantiasa memonitor penyaluran ke SPBU,” kata Unit Manager Communication, Relations, & CSR Marketing Operation Region (MOR) VIII Maluku-Papua PT Pertamina (Persero), Brasto Galih Nugroho saat dihubungi Pospapua.com, Sabtu (31/8).

Galih menyebut, Pertamina telah menyalurkan BBM ke lembaga penyalur di wilayah Kota dan Kabupaten Jayapura.  Penyaluran ke lembaga penyalur di wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya mendapat pengawalan dari TNI.

Selain penyaluran ke SPBU, Pertamina juga menyalurkan avtur ke Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Sentani dan PLTD Sentani untuk menjaga ketahanan stok BBM.  “Penyaluran ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pasca situasi tidak kondusif akibat aksi massa sejak Kamis (29/8) lalu,” terangnya.

Pertamina dan Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi (Hiswana Migas) telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk keamanan SPBU.  “Kami berharap agar situasi keamanan terus berjalan kondusif kembali dan Pertamina dapat menyalurkan BBM ke lembaga penyalur dan SPBU beroperasi normal kembali,” tuturnya.

Sebelumnya, delapan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, telah beroperasi kembali, pasca kerusuhan demo protes rasisme di Ibu Kota Papua. Dioperasikannya SPBU karena situasi keamanan di wilayah Jayapura telah dinyatakan kondusif oleh aparat keamanan TNI-Polri.

Lima  SPBU diantaranya, terletak di Kota Jayapura, meliputi SPBU Dok V Atas, SPBU Nagoya, SPBU Entrop, SPBU Tanah Hitam dan SPBU Padang Bulan. Sementara tiga SPBU di Jayapura meliputi SPBU Hawai Sentani, SPBU Bandara Sentani dan SPBU Doyo. (Asi)

Baca Juga:

BI Papua Perpanjang Kerjasama Empat Kantor Kas Titipan

Syaiful

Kelola Pembuangan Sampah Obat, Badan POM Gandeng 1.000 Apotek

Syaiful

Mendesak, Polemik Alih Fungsi Lahan Hambat Kedaulatan Pangan

hamim

Leave a Comment