Pospapua.com
Apel Lingkungan Hidup Kota Jayapura di TPA Nafri. (foto: humas kota jayapura)
Nusantara

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkot Jayapura Gelar Apel di TPA

Oleh: Faisal Narwawan|

Pospapua.com, Jayapura – Pemerintah Kota Jayapura menggelar apel dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup se dunia yang jatuh pada 5 Juni 2019.

Apel gabungan yang mayoritas dihadiri ‘pasukan kuning’ Kota Jayapura ini berlangsung di TPA Koya Kosso Distrik Abepura, Selasa (18/6), bertindak selaku pembina apel Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano.

Kata Wali Kota  BTM,  peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun ini ditandai dengan peringatan dari World Health Organization (WHO) tentang salah satu ancaman terbesar terhadap kesehatan manusia yaitu polusi udara. WHO menyatakan setiap tahun 7 juta orang meninggal karena polusi udara.

“Di seluruh dunia tercatat bahwa 9 dari 10 orang terpapar pencemaran udara yang berasal dari kendaraan bermotor, industri pertanian dan pembakaran sampah. Sehingga tidak heran, jika United National Environment mengangkat tema Kendalikan Polusi Udara (Beat Air Pulution) untuk peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2019 ini,” ucap BTM dalam amanatnya yang membacakan sambutan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI Siti Nurbaya.

Secara nasional sambung BTM, digunakan tema relevansi yaitu Biru langitku hijau bumiku, tema ini menggambarkan upaya mengendalikan polusi udara sangat berkaitan dengan upaya untuk menata bumi menjadi lebih hijau.

Termasuk mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor. “Maka upaya untuk membuat kota menjadi lebih hijau, dengan memperbanyak taman kota. Membangun trotoar untuk pejalan kaki, membangun jalur bersepeda seperti kota Surabaya, Bandung dan kota-kota lainnya. Maka upaya-upaya itu mampu mengurangi polusi dari kendaraan bermotor,” lanjutnya.

Hal penting lainnya disampaikan adalah upaya pemerintah untuk mengendalikan polusi udara yakni dengan menggunakan bahan bakar standar euro 4.

Penggunaan bahan bakar yang lebih bersih ini mampu menurunkan tingkat emisi CO hingga 55 persen atau 280.721,8 Ton/tahun. “Selain itu upaya pengendalian polusi udara perlu diimbangi dengan gerakan tanam  pohon untuk menambah kapasitas reduksi udara,” katanya lagi.

Hadir dalam apel tersebut  Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas, pimpinan OPD Kota Jayapura dan jajaran lainnya.

Selain melaksanakan apel gabungan, Wali Kota Jayapura beserta jajaran juga meninjau beberapa fasilitas lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA), seperti ruang operator jembatan timbang dan pengelolaan sampah serta tinja di TPA tersebut. “Mari kita jaga hutan di kota ini untuk masa depan dengan menanam pohon,” tutup BTM. (nds)

Baca Juga:

Polisi Pelaku Penembak Warga Jalani Pemeriksaan

Nethy Dharma Somba

DP3A Ajak Masyarakat Laporkan Kasus Kekerasan Anak dan Perempuan Melapor

Nethy Dharma Somba

Tahfidz Papua Butuh Uluran Tangan Dermawan

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment