Pospapua.com
Hendri Satrio.Foto: tribunnews.com
Pilpres 2019

Pengamat: Debat Kedua Harus Lebih Greget

Oleh: Ahmad Z.R. |

Kedua capres diharapkan telah mempersiapkan diri lebih baik. Agar debat tidak lagi monoton dan terkesan formalitas memenuhi rangkaian agenda pilpres, seperti pada debat perdana.

pospapua.com, Jakarta — Debat kedua Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 akan berlangsung pada Ahad malam (17/2). Debat kedua yang menampilkan calon presiden (capres) dari kedua kubu akan diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta.

Menanggapi debat yang akan berlangsung malam ini tersebut, pengamat politik Universitas Paramadina Jakarta, Hendri Satrio berharap kedua capres telah mempersiapkan diri lebih baik dari debat pertama. Pasalnya, ia melihat debat pertama berjalan monoton dan terkesan formalitas memenuhi rangkaian agenda pilpres.

“Debat pertama itu kan sama sekali tidak seru dan tidak maksimal. Data-datanya kurang pas, serangannya juga hampir tidak ada. Tapi, mudah-mudahan di debat kedua mereka lebih siap lagi. Lebih greget gitu lah,” ujar Hendri kepada Indonesia Inside, Ahad (17/2).

Selain itu, founder KedaiKopi ini mengkritik teknis debat yang dimulai pada pukul 20.00. Sebab, masyarakat Indonesia bagian timur memiliki waktu berbeda dengan Waktu Indonesia Barat (WIB).

“Jam delapan malam di Indonesia Timur itu sudah jam 10 malam. Susah mereka nontonnya. Maka, KPU harus mampu mengakomodasi debat untuk dapat disaksikan oleh seluruh masyarakat Indonesia, bukan hanya Jawa,” kata Hendri.

Mengenai jalannya debat, ia juga meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memberikan kesempatan kepada penanya, khususnya milenials. Sebab, milenials masih dikategorikan sebagai swing voters. Sehingga memerlukan banyak referensi sebagai pertimbangan dalam memilih pada 17 April mendatang.

“Saya menyarankan KPU undang panelis dari milenials dan bisa mengajukan pertanyaan mewakili generasi milenial. Promo (informasi debat) harus lebih digiatkan lagi. Karena promo yang kemarin muncul tidak dialamatkan kepada milenial,” ujar Hendri.

Debat kedua nanti akan membahas tema energi, pangan, infrastruktur, dan lingkungan hidup. Debat kali ini akan dipandu moderator Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki. (TA)

Baca Juga:

Gugatan Ditolak MK, Koaliasi Indonesia Adil Makmur Konsolidasi

Nethy Dharma Somba

Diteriaki Pendukung Jokowi di Bojonegoro, Balasan Sandiaga di Luar Dugaan

hamim

Jokowi Klaim Tak Ada Karhutla, Padahal Begini yang Terjadi di Riau

hamim

Leave a Comment