Pospapua.com
Bento Madubun, Asisten Manajer Persipura Jayapura. (foto: media officer persipura )
Olahraga

Penerapan VAR, Persipura Minta PT LIB Lunasi Hutang ke Club

Oleh: Hasibuan Aman |

Pospapua.com, Jayapura- Asisten Manajer Persipura Jayapura, Bento Ridwan Madubun mendukung rencana penggunaan Video Assistant Referee (VAR) pada kompetisi liga 1 2019 karena dinilai menjadi solusi bagi perkembangan kompetisi sepak bola di Indonesia, serta membantu wasit dalam mengambil keputusan di lapangan.

Bento mengatakan, penggunaan VAR sebelumnya sudah pernah diusulkan musim sebelumnya  oleh sejumlah club peserta liga 1, namun pihak PSSI dan PT.Liga Indonesia Baru selaku penyelenggara liga 1 menolak wacana tersebut dengan alasan biaya mahal.

“Pada saat persepakbolaan kita ramai karena banyak mafia sepakbola, ada sejumlah club dan pemerhati sepakbola yang mengajukan penerapan VAR, tapi ada penolakan dari PSSI dan operator liga bahwa biaya sangat mahal. Dengan disetujuinya penerapan ini membuat kami bigung, pada hal  tadinya keberatan,” kata Bento.

Bento menyebutkan, apabila operator liga sudah memiliki dana untuk pemasangan perangkat VAR, maka Persipura meminta kepada PT.LIB selaku penyelenggara kompetisi liga 1 untuk memenuhi kewajibannya yakni melunasi seluruh hutang kepada club.

“Kita senang kalau mereka mau memperbaiki dunia sepakbola Indonesia dengan diterapkanya VAR. Tapi saya tetap mempertanyakan hal ini tiba-tiba disetujui yang awalnya di tolak. Ini ada apa? Tapi bagi kami kalau operator sudah memiliki dana sebaiknya fokus melunasi hutang-hutangnya kepada club,” ujar Bento.

Ketika ditanya soal jumlah utang operator liga kepada pihak club, Bento Madubun enggan mengungkap jumlah hutang tersebut kepada publik.  “Yang jelas hutangnya masih banyak, kami minta dilunasi lebih dulu. Tapi kalau hutang dilunasi dan VAR diterapkan maka itu lebih bagus lagi,” ungkapnya.

Meski mendukung penggunaan VAR, mantan media officer Persipura itu belum yakni VAR akan digunakan pada musim kompetisi 2019.

“Penggunaan VAR ini masih dalam tahap pembahasan, namun kami yakin ini belum bisa digunakan pada musim kompetisi tahun ini, karena penyediaan perangkat VAR membutuhkan waktu dan belum dimiliki oleh penyelenggara liga, kita harap pada musim kompetisi berikutnya sudah bisa diterapkan,” tambahnya. (nds)

 

Baca Juga:

Siapa Lawan Halep di Final Putri Wimbledon 2019

Nethy Dharma Somba

Prediksi Piala Asia U-23, Indonesia Versus Thailand Adu Skuat Baru

hamim

Pep Guardiola: Kesalahan Kecil Membuat City Tersingkir

hamim

Leave a Comment