Pospapua.com
Gunung Sibayak. Karo Sumatera Utara. (foto: istimewa)
Nasional

Pendaki Gunung dan Putrinya Tewas Tersambar Petir

 

Oleh: Daniel P |

Pospapua.com, Medan — Dua orang pendaki Gunung Sibayak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara tersambar petir pada Rabu (12/6) siang. Dua korban yang tersambar petir tersebut merupakan bapak dan anak.

“Korban bernama Jamil Adabi berusia 35 tahun dan anak perempuannya yang masih berusia 4 tahun,” kata Kepala Seksi Operasi Basarnas Medan, M Agus Wibisono.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, saat itu korban sedang melakukan wisata pendakian di Gunung Sibayak dan sedang duduk di tepi kawah bersama anaknya.

“Beberapa saat kemudian, petir menyambar dan korban langsung terpental ke lembah gunung,” urainya.

Mendengar kabar itu, tim SAR bersama personel Polres Karo langsung terjun ke lokasi untuk melakukan evakuasi. Proses evakuasi berjalan singkat karena medan yang dilalui relatif mudah.

“Akibat kejadian itu, kedua korban mengalami luka bakar di sejumlah bagian tubuh. Kedua korban langsung dilarikan ke rumah sakit setempat untuk mendapat penanganan medis,’’ ungkapnya.

Kepala BPBD Karo, Martin Sitepu menambahkan, hari ini kondisi cuaca di wilayah tersebut terpantau mendung dan hujan. “Kalau hari biasa seperti ini, biasanya warga setempat yang melakukan pendakian,” katanya.

Pihaknya mengimbau masyarakat dan pendaki yang hendak melakukan pendakian ke gunung itu untuk tetap waspada. Pasalnya, akhir-akhir ini wilayah itu masih sering dilanda hujan yang disertai petir.

“Selain trek yang pasti akan licin karena hujan, waspadai sambaran petir. Karena itu puncak gunung, petir bisa saja cepat menyambar,” tutupnya. (Far/nds/INI Network)

Baca Juga:

Demokrat: Lebih Baik Terlambat Daripada tidak Sama Sekali

Nethy Dharma Somba

Tinggi, Perburuan Orangutan, 51 Kasus Sejak 2006

Nethy Dharma Somba

Waspadai Sengatan Ubur-Ubur di Pantai Parangtritis Yogyakarta

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment