Pospapua.com
Gubernur Papua Lukas Enembe (tengah) saat memberikan keterangan pers dari hasil coffe morning menyingkapi kepulangan ribuan mahasiswa Papua, Rabu (11/9). (foto : Achmad Syaiful)
News

Pemprov Masih Mencari Solusi Nasib Ribuan Mahasiswa Papua

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Pemerintah Provinsi Papua masih mencari solusi nasib ribuan mahasiswa Papua yang memilih kembali dari sejumlah kota studi, pascakerusuhan unjuk rasa anti rasisme pada Agustus lalu.

Bahkan pertemuan tertutup antara Gubernur Papua Lukas Enembe serta Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Albert Rodja dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Yosua Pandit Sembiring  digelar di  Mapolda Papua, Rabu (11/9).

Pertemuan yang dikemas dalam coffe morning untuk mencari solusi kepulangan mahasiswa Papua dari sejumlah kota studi.  Dari hasil coffe morning Gubernur Lukas Enembe akan memanggil perwakilan mahasiswa dari seluruh kampus untuk membicarakan persoalan tersebut.

“Coffe morning pagi ini membicarakan soluasi kepulangan ribuan mahasiswa Papua. Langkah-langkah apa yang akan diambil oleh Pemerintah Papua menyingkapi mereka, karena kemungkinan jumlah mereka akan bertambah terus,” kata Gubernur Lukas Enembe.

Lukas Enembe mengaku masih belum mengetahui penyebab kepulangan mahasiswa Papua dari kota studi. “Kami belum tahu apakah mereka pulang karena ada permasalahan di perguruan tinggi, atau ada skenario yang dibuat orang lain, kami akan lakukan pertemuan dengan mahasiswa,” tuturnya.

Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Albert Rodja menyebutkan, gubernur berencana akan memanggil perwakilan mahasiswa dari seluruh kampus untuk bertemu membicarakan persoalan ini. “Besok atau lusa, gubernur akan memanggil perwakilan mahasiswa dari seluruh kampus untuk bertemu di Pemda. Gubernur akan menanyakan alasan kepulangan, nah dari situ kami akan mencari solusi,” kata Rodja kepada wartawan usai coffe morning.

Selain membahas rencana pemanggilan mahasiswa, lanjut Rodja, dalam coffe morning  juga berdiskusi agar mahasiswa-mahasiswa diberikan pengertian. “Kapolri sudah menjamin keamanan di setiap Polda. Para Kapolda juga sudah turun bersama jajarannya untuk memberikan rasa aman,” tegasnya.

Jenderal asal Nusa Tenggara Timur ini menambahkan, TNI sudah menyiapkan dua pesawat angkut Hercules untuk membawa kembali mahasiswa Papua ke kota studi.  “TNI sudah siapkan dua pesawat Hercules, jika hasil pertemuan dengan perwakilan mahasiswa sudah ada solusinya,” tutur Rodja.

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Masyjen TNI Yosua Pandit Sembiring menegaskan, dua unit Pesawat Hercules siap mengangkut mahasiswa Papua kembali ke kota studi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

“Kami punya 2 Pesawat Hercules untuk membawa mahasiswa, berapa saja kita angkat. Satu pesawat sekali terbang bisa membawa 100 lebih penumpang,” katanya.

Sejauh ini, Yosua Pandit mengaku belum melakukan pendataan jumlah mahasiswa Papua yang kembali dari kota studi. “Kami belum mendata, nah nanti setelah ada pertemuan antara bapak gubernur dan mahasiswa, baru kami data,”  imbuhnya. (Asi)

Baca Juga:

KPU Hapus Nama 101 WNA dari DPT

hamim

Lima Kurir Sabu 3 Kg Divonis 20 Tahun Penjara

hamim

Inspirasi Sehat Ala Sandiaga Uno

hamim

Leave a Comment