Pospapua.com
Menkopolhukam Wiranto (kedua dari kiri) saat memberikan keterangan pers di Wamena, Selasa (8/10). (foto : istimewa)
Nasional

Pemerintah Segera Pulihkan Bangunan dan Fasilitas Rusak di Wamena

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Wamena – Pemerintah Pusat akan mengambil langkah cepat untuk memulihkan bangunan, rumah, perkantoran maupun fasilitas publik yang rusak dalam kerusuhan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, 23 September lalu.

Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto kepada wartawan usai menemui para pengungsi sekaligus meninjau kondisi terkini di Wamena, Selasa (8/10).

Dalam peninjauannya, Wiranto didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan sejumlah menteri kabinet Jokowi. “Apakah rumah terbakar, ruko terbakar, gedung pemerintah yang dirusak, PLN yang terbakar atau fasilitas umum lainnya yang dirusak segera akan dipulihkan,” kata Wiranto.

Selain pemulihan bangunan fisik, kata Wiranto, pemulihan semangat persaudaraan dan perdamaian akan dilakukan dalam waktu sesegera mungkin.”Saya kira itu yang sudah saya sampaikan agar dapat dipahami seluru masyarakat,” tuturnya.

Wiranto menyatakan, situasi di Wamena sudah aman dan damai. Dia meminta kepada masyarakat agar tidak percaya hoaks yang menginformasikan bahwa Wamena masih dalam kondisi rusuh.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua telah menganggarkan dana Rp 8 Miliar untuk membangun hunian sementara bagi pengungsi terdampak kerusuhan di Wamena, 23 September lalu.

Dana untuk hunian sementara dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD – Perubahan) tahun 2019. “Saya sudah anggarkan Rp 8 Miliar sekarang ini di APBD Perubahan. Nanti TNI yang akan bangun hunian sementara,” kata Gubernur Papua, Lukas Enembe, Selasa (8/10).

Menurut Enembe, proses rekonstruksi dan rehabilitasi telah menjadi tanggung jawab Pemerintah daerah. Pemerintah Kabupaten Jayawijaua sendiri telah melakukan pendataan kerugiaan materil dari kerusuhan Wamena.

Tercatat 465 pertokoan dan tempat usaha yang dirusak dan dibakar, 224 kendaraan roda empat dan roda enam dan 150 kendaraan roda dua dibakar. Sementara 165 rumah dan 20 perkantoran rusak dan dibakar perusuh. (Asi)

Baca Juga:

4.899 Brimob Nusantara Amankan Papua

Syaiful

Haru, Penggiat Seni Hadiahkan Lukisan Habibie Untuk Penghormatan Terakhir

Syaiful

Sistem e-voting Pemilihan 69 Kepala Desa di Boyolali

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment