Pospapua.com
Manajemen Kepariwisataan (MKP) Politeknik Pariwisata Bali berfoto bersama, Ahad (3/11). (foto: Balicitizen.com)
Ekonomi

Pemerintah Dorong Bakas Jadi Desa Wisata Bali

Oleh: Hari Santosa  |

Pospapua.com, Denpasar – Pemerintah Daerah tengah mendorong Desa Bakas yang terletak di Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung menjadi desa wisata di Bali. Namun untuk mencapai hal itu masih banyak kendala yang harus dihadapi pihak desa.

Salah satu upaya itu ditunjukan Manajemen Kepariwisataan (MKP) Politeknik Pariwisata Bali (sebelumnya Sekolah Tinggi Pariwisata Bali) dengan melakukan pendampingan pengemasan dan pemasaran produk Desa Wisata Bakas.

Kegiatan pendampingan ini dilakukan dengan diskusi grup terfokus (FGD) untuk mendapatkan kesepakatan tata kelola Desa Wisata Bakas sehingga segala bentuk dampak yang mungkin timbul di kemudian hari dapat diantisipasi.

Perbekel Desa Bakas menyatakan memang masih ada beberapa kendala yang dihadapi desa Bakas. Misalnya, belum adanya tata kelola desa wisata secara profesional, minimnya fasilitas pendukung wisata, serta masih rendahnya partisipasi warga membangun desa wisata.

Padahal Desa Bakas memiliki potensi besar dalam industri kepariwisataan di Bali, khususnya desa wisata. Salah satu rujukannya, keasrian dan keunikan tradisinya di Desa Bakas.

Saat ini saja terdapat beberapa paket wisata yang dapat dinikmati wisatawan ketika berkunjung.  Di antaranya seperti atraksi trekking ke air terjun Uma Bija, merasakan pengalaman Cooking Class kuliner khas Desa Bakas, dan Petualangan tubbing di sungai Jit Mengkeb.

Kadek Widiasa selaku Ketua Pokdarwis Desa Bakas memberikan apresasi Prodi MKP yang telah berkontribusi pada pengembangan wisata di desanya. Ia berharap peran stakeholder dalam pengembangan desa wisata Bakas dapat lebih optimal, sehingga tidak tumpang tindih pengelolaan saat mumcul permasalahan pariwisata. (Ari/Asi/INI Network)

Baca Juga:

Strategi Unicorn ‘Bakar Uang’, Investor Asing Justru Antre Suntik Dana

hamim

Dugaan Kebocoran Data Tokopedia, Bukti Urgensi Regulasi Khusus

hamim

Jelang Ramadhan, Harga Cabe Rawit di Jayapura Naik 100%

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment