Pospapua.com
ziarah ke makam orang-orang tercinta. (istimewa)
Ramadhan Kita

Pemakaman Muslim Abe Pantai Dipadati Umat Muslim Jelang Ramadhan

Oleh: Dharma Somba |

Pospapua.com, Jayapura — Memasuki bulan suci Ramadhan 1440 H/2019, ribuan umat muslim Kota Jayapura memadati tempat pemakaman Muslim  di Abepantai Distrik Abepura.

Lokasinya yang dekat dari Kota Abepura hanya 5 menit dengan kendaraan roda dua atau roda empat, dan berada di jalan poros Abepura membuat lokasi menuju ke pemakaman macet.

Sejak pagi warga mulai memadati pemakaman untuk ziarah, cuaca cerah mendukung ziarah warga berlangsung lancar.

Hana Uyo  penjaga dan pemilik hak ulayat tanah  kuburan Abepantai kepada Pos Papua mengatakan, kedatangan umat muslim untuk menziarahi sanak keluarga yang telah meninggal sudah dimulai sejak 5 hari lalu.

“Kami di sini fasilitasi warga yang berziarah dengan menjual bunga dan juga lahan parkir yang cukup.  Untuk tarif parkir satu sepeda motor dikenakan hingga 20 ribu, kalau mobil sampai 50 ribu,” ujar mama Hana, panggilan akrab Hana Uyo, Minggu (5/5) sore.

Meski dikenakan tarif, keluarga pemilik tanah kuburan tak memaksakan jika mereka yang  berziarah tak memiliki uang.

“Tidak ada paksakan, jual bunga juga tidak dipaksa harus beli, bunga per kantong kami jual bervariasi ada yang 10 ribu ada yang 15 ribu,  kadang kami kasih saja, ini juga bentuk kami hargai umat Muslim karena jelang bulan puasa,” ujarnya lagi.

Salah satu warga Jayapura, Nurul Damarini   yang berziarah ke makam keluarganya mengaku sudah menjadi tradisi untuk menziarahi sanak saudara jelang 1 Ramadan.

“Ini momen,  kami yang masih diberi nafas untuk hidup juga bersyukur dapat bertemu dengan Ramadan, juga  ingin berbagi kesyukuran ini dengan mereka yang lebih dulu dipanggil, sekaligus juga kami mengingat kematian,” jelas Nurul Damarini. (nds)

Baca Juga:

Pertamina MOR VIII Gelar Kampung Ramadhan UMKM

Nethy Dharma Somba

Pengurus Masjid Diimbau Selektif Memilih Penceramah Ramadhan

Nethy Dharma Somba

Safari Ramadhan Pertama, BTM Kunjungi Masjid Al Ikhlas

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment