Pospapua.com
Barisan Aparat Polres Jayawijaya berpatroli di wilayah Wamena, Ibu Kota Jayawijaya, Jumat (13/9). (foto : Humas Polda)
Nusantara

Pantau Keamanan Wamena, Rombongan Polisi Turun ke Jalan

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Wamena – Memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) sudah menjadi tugas pokok Polri. Demikian juga memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat, serta penegakkan hukum, masuk dalam bagian tersebut.

Berbagai cara dilakukan aparat Kepolisian Republik Indonesia (Polri) untuk memelihara keamanan di Papua. Seperti yang dilakukan aparat Polres Jayawijaya dalam memantau keamanan di wilayah yang dinilai rawan gangguan kelompok bersenjata.

Mereka berpatroli dengan berjalan kaki mirip sebuah parade. Rombongan aparat gabungan Polres Jayawijaya dan personel bawah kendarli operasi (BKO) Brimob Indonesia berjalan kaki berkeliling Kota Wamena, Jumat (13/9).

Patroli ini dipimpung Wakapolres Jayawijaya, AKP Leonardo Yoga, yang juga pernah menjabat Kepala Bagian Operasi Polres Jayapura Kota. Dalam patroli, aparat sesekali memberikan imbauan kamtibmas kepada warga sekitar.

Aparat gabungan Polres Jayawijaya dan BKO Brimob Indonesia menggelar patroli keliling Kota Wamena, Jumat (13/9). (foto : Humas Polda)

Wakapolres Jayawijaya AKP Leonardo Yoga menuturkan, patroli ini bertujuan untuk menutup celah para pelaku tindak kejahatan di Kota Wamena. Disamping itu, patroli ini menjadi langkah kepolisian dalam memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Saat patroli kita memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat membantu aparat keamanan TNI-Polri untuk bersama-sama menjaga keamanan di tengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

Patroli ini, lanjutnya, juga melibatkan Babinkamtibmas sebagai pioner dalam memberikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat. Misalnya, imbauan agar masyarakat dapat menjadi polisi bagi dirinya sendiri dalam mengamankan keluarganya.

“Apabila terjadi permasalahan maka diselesaikan mulai dari tingkat Rukun Tetanga (RT) hingga ke tingkat lebih tinggi yaitu kepolisian apabila tidak bisa ditangani di tingkat RT,” katanya.

Dia mengajak masyarakat bergandengan tangan dalam menjaga keamanan di wilayah Jayawijaya. “Kami harap masyarakat dapat membantu kami dengan memberikan informasi jika ada tindak pidana,” harapnya. (Asi)

Baca Juga:

Masyarakat Nduga Butuh Trauma Healing

Nethy Dharma Somba

Dampak Gempa Bumi, Gedung RS Kasonaweja di Mamberamo Raya Retak

Nethy Dharma Somba

Di Boven Digoel, Petugas Pemilu Meninggal Dunia

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment