Pospapua.com
Simpatisan ULMWP saat berada di Mapolres Jayapura Kota. (foto : Achmad Syaiful)
Hukum & Kriminal

Palsukan Identitas Paspor, Pentolan ULMWP Terancam Penjara 7 Tahun

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Salah satu pentolan United Liberation Moverment for West Papua (ULMWP) berinisial BL (37), ditahan petugas Kepolisian Resort (Polres) Jayapura Kota, atas pemalsuan identitas paspor, Jumat (16/8).

Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas kepada wartawan, Jumat sore menegaskan, BL ditangkap atas laporan kasus pemalsuan identitas paspor. BL yang mengaku sebagai Kepala Biro Politik ULMWP ini ditangkap di depan Kantor Pos Jayapura, Kamis (15/8).

Penangkapan terhadap BL merupakan tindak lanjut dari laporan pemalsuan identitas paspor di Kantor Imigrasi Jayapura. BL diketahui telah membuat paspor dengan identitas palsu mencatut nama kerabatnya bernama Adi Kudligagal.

“Paspor itu menggunakan nama kerabatnya, mulai dari Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik dan nasional atas nama Adi Kudligagal hingga Kartu Keluarga dan Akta Lahir.  Sementara foto menggunakan wajah dirinya (BL),” bebernya.

Berdasarkan pemeriksaan awal, BL telah mengunakan paspor tersebut untuk masuk ke Negara Papua Nugini.  Pihak kepolisian masih menyelidiki berapa kali paspor tersebut digunakannya. “Pembuatan paspor ini bertujuan agar bisa keluar negeri,” terangnya.

Penyidik Satuan Reskrim Polres Jayapura saat ini masih melakukan pemeriksaan terhadap BL untuk mengungkap motivasi memalsukan identitas paspor. “Yang bersangkutan masih menjalani pemeriksaan dilanjutkan penahanan,” tegasnya.

Lima orang saksi telah dimintai keterangannya terkait pemalsuaan identitas paspor ini. Saksi dimaksud sudah termasuk Adi Kudligagal pemilik identitas dalam paspor yang juga kerabat BL serta petugas Imigrasi Jayapura.

“Kami akan kembangkan kasus ini. Untuk BL dijerat Pasal 266 KUHP tentang menyuruh, memasukan keterangan palsu ke dalam suatu akta otentik dengan ancaman 7 tahun penjara,” kata Gustav. (asi)

Baca Juga:

Sebar Ujaran Kebencian dan SARA, Pria Asal Garut Diciduk Polisi

Syaiful

Dua Prajurit TNI Tertembak, Pangdam : Tidak Ada Siaga Satu  

Syaiful

KPK Periksa Eks Presdir Lippo Cikarang Soal Meikarta

Syaiful

Leave a Comment