Pospapua.com
Kepala Bandara Sentani Jayapura, Antonius Widyo Praptono. (dokumen pospapua.com)
Nusantara

Otoritas Bandara Sentani, Jayapura Prediksi Arus Balik 8-9 Juni 2019

Oleh: Hasibuan Aman |

Pospapua.com, Jayapura- Kepala Bandar Udara Sentani Antonius Widyo Praptono memprediksi puncak arus balik lebaran di Bandar Udara Sentani akan mulai terjadi pada Sabtu 8 Juni hingga Minggu  9 Juni 2019.

Arus balik lebaran di Bandara Sentani diperkirakan belangsung selama tiga hari, yakni muali 8 hingga 10 Juni. “Para pekerja kan di Papua akan mulai masuk Selasa. Jadi kami prediksikan puncaknya Sabtu. Sedangkan Minggunya mereka akan istirahat,” ujar Antonius Praptono di Bandara Sentani, Kamis (6/6).

Antonius menuturkan banyak penumpang memilih pulang pada akhir pekan karena Selasa depan sudah mulai aktif kembali bekerja. Untuk mengantisipasi adanya peningkatan jumlah penumpang tersebut, pengelolah Bandara Sentani akan menyediakan beberapa sarana pendukung seperti troli, petugas informasi dan posko lebaran.

“Kami dari Otoritas Bandara Sentani sudah siapkan berbagai sarana pendukung untuk puncak arus balik pada Sabtu ini yang diprediksikan mulai terjadi,” ujarnya.

Terkait dengan jumlah penumpang, Antonius mengatakan penumpang yang balik sama dengan penumpang yang mudik karena penumpang yang mudik lebaran tahun ini tidak terlalu tinggi seperti tahun sebelumnya.

“Nanti jumlah penumpang balik itu sekitar 3.500 lebih penumpang, tapi kami lakukan pendataan setiap waktu,”ujarnya.

Ia menuturkan, posko Idul Fitri Bandara Sentani akan terus mencatat jumlah penumpang mudik lebaran sejak H-7 hingga H+7. Hal ini dilakukan akan adalah untuk mengetahui apakah ada jumlah penumpang yang balik pada lebaran 2019 bertambah.

Sementara itu, jumlah pesawat yang dioperasikan selama kurun waktu yang sama yakni H-7 hingga H+7 sama dengan seperti tahun lalu diantaranya maskapai penerbangan Garuda Indonesia, Lion Air, Sriwijaya, Citilink dan penerbangan antar Papua.

“Kami himbau pada masyarakat untuk ikut serta menjaga keamanan dan keselamatan penerbangan patuh terhadap ketentuan selama dalam penerbangan seperti bawa barang bawaan yang diperbolehkan saja,” jelasnya.

Antonius mengimbau pada penumpang yang datang apabila ada mengalami gangguan kesehatan bisa memeriksa kesehatannya di Posko Idul Fitri Bandara Sentani. Di posko ini kami menyiapkan petugas medis dari kesehatan Bandara Sentani bekerjasama dengan petugaas medis kesehatan lainnya. (nds)

 

 

 

Baca Juga:

TNI-Polri Hadir di Papua untuk Menjaga Stabilitas Keamanan Negara

Syaiful

Akhir Januari, Bandara Sentani Diambil Alih Angkasa Pura

Nethy Dharma Somba

Petani Belum Panen, Stok Produk Hortikultura di Jayapura Menipis

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment