Pospapua.com
Libur Lebaran, SAR Jayapura tetap siaga. (foto: SAR Jayapura)
Headline

Mudik Lebaran tidak Seramai di Jawa, SAR Jayapura Tetap Siaga Penuh

Oleh: Hasibuan Aman |

Pospapua.com, Jayapura– Dalam mengantisipasi meningkatnya lonjakan penumpang saat lebaran yang direncanakan jatuh pada tanggal 5 Juni 2019 mendatang, Kantor Pencarian dan Pertolongan Jayapura Siagakan personil dan peralatan yang dibuka dengan melakukan Apel Siaga SAR Khusus angkutan Lebaran 2019 di halaman Kantor pada (27/5) pagi. Apel gelar Pasukan diikuti personil SAR Jayapura kecuali anggota yang bertugas di POS.

Seperti hari raya Idul Fitri sebelumya kata Putu Arga Sujarwadi, BASARNAS diseluruh wilayah di Indonesia menyiagakan Personil dan Alut SAR guna mendukung lancarnya arus mudik Lebaran ditahun 2019.

“Siaga Lebaran dilakukan mulai hari ini yaitu H-7 hingga H+7 mendatang. Kami telah persiapkan peralatan SAR darat berupa kendaraan rescue dan perlengkapannya, kemudian Kapal SAR Rescue Boat (RB) 222 Jayapura yang disiagakan di Dok.9 Jayapura, Rigid Inflatable Boat (RIB) dengan kekuatan 400 PK di tempat di Pos SAR Sarmi dan Danau Sentani “, kata Putu Arga.Putu Arga menambahkan bahwa hal ini sudah manjadi agenda tahunan oleh BASARNAS sehingga harus lebih baik dalam mempersiapkan segalanya untuk membantu masyarakat dalam memberikan rasa aman saat mudik lebaran.

Putu menjelaskan kegiatan kesiapsiagaan SAR angkutan lebaran di fokuskan pada penanganan kecelakaan sesuai dengan tupoksi BASARNAS.

“Ada  beberapa hal yang perlu saya tekankan untuk petugas siaga angkutan siaga lebaran yaitu sikap sopan dan santun saat berkoordinas dengan Instansi terkait, ikuti prosedur yang ada, tunjukkan kalo kita profesional, disiplin tinggi dan juga mengutamakan keselamatan” kata Kabasarnas.

Kendati wilayah timur Indonesia (Papua) jumlah arus mudik lebaran tidak sebanyak dan seramai wilayah lain namun tetap saja hal ini sebagai bentuk tanggung jawab moral BASARNAS kepada masyarakat Indonesia dalam melakukan tugas kemanusian. (nds)

 

Baca Juga:

KPU Diminta Evaluasi Pelaksanaan Pemilu di Papua

Nethy Dharma Somba

Kapolda Papua: Video Pembakaran Surat Suara untuk Diskreditkan Penyelenggara

Nethy Dharma Somba

Kapolda Papua: Sebelum Pengumunan Resmi dari KPU, Tidak Boleh Ada Konvoi Kemenangan

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment