Pospapua.com
Sholat Idul Fitri 1440 H di halaman Masjid Al Aqsha Sentani Jayapura. (foto: hasibuan aman)
Nusantara

Melalui Hikmah Puasa dan Idul Fitri, Indonesia Diharapkan makin Damai dan Makmur

Oleh: Hasibuan Aman |

Pospapua.com, Jayapura– Pelaksanaan shalat Idul Fitri atau hari raya Lebaran 1440 H di Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua berjalan lancar, Rabu (5/6).

Pantauan Pospapua.com  di masjid yang ada di Kota Sentani, cuaca dan suhu udara sejak pagi hari hinggga selesai shalat Idul Fitri 1440 cukup bersahabat, tidak terlalu panas dan tak pula hujan, warga pun mulai memadati masjid sejak pukul 06.00 Wit.

Warga kebanyakan datang berombongan berserta sanak saudara, terlihat juga sejumlah petugas keamanan yang juga menyempatkan sejenak untuk mengikuti shalat. Kemudian, shalat dilakukan sekitar pukul 07.00 Wit yang diikuti ribuan jamaah baik dalam masjid maupun diluar masjid.

Shalta Id di lapangan terbuka seperti di halaman Masjid Agung Al- Aqsha diamankan sejumlah organisasi kepemudaan Maluku Satu Rasa maupun anggota kepolisian Polres Jayapura untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat selain itu juga membantu dalam pengamanan karena banyak warga yang shalat.

Oleh karenanya umat muslim yang menggelar shalat Id Sentani mereka bisa melaksanakan ibadah dengan tenang. Pelaksanaan shalat Idul Fitri yang juga di sebut hari raya Lebaran di Kabupaten Jayapura tersebut setidaknya tercatat ada 22 tempat.

Khotib sholat Id di masjid Al Aqsha Sentani, Marsekal Pertama TNI Haji Tri Bowo Budi Santoso dalam ceramahnya berpesan agar semua masyarakat saling menjaga silahturahim dan memanfaatkan momentum ramadhan untuk meningkatkan silahturahmi sesama anak bangsa.

Tri Bowo mengatakan melalui momen Idul Fitri inilah salah satunya yang direfleksikan di dalam pemberian zakat  fitrah kepada umat lainnya .“Kemauan atau niat untuk berbagai sesama juga diajarkan dalam zakat fitra. Sebab pada dasarnya manusia tidak bisa hidup sendiri sehingga kita harus mau berbagai kepada sesama manusia, dengan hikmah puasa ramadhan dan zakat fitra dan shalat ied ini diharapkan Indonesia makin damai dan makmur, mau menghargai sessama manusia dan mau berbagai kepada sesama manusia,” tuturnya.

Ditempat yang sama Wakil Bupati Jayapura, Giri Wijayantoro menyebutkan, perayaan Idul Fitri 1440 H ini bisa dilaksanakan umat muslim setelah mereka selama satu bulan menjalankan ibada puasa dengan aman dan damai. “Solidaritas antar umat beragama di kabupaten ini cukup tinggi degan adanya dukungan dari semua umat sangat luar biasa artinya komunitasi yang sudah berjalan selama ini dijaga bersama-sama dan tidak mudah tersinggung,” katanya.

Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Sholat Idul Fitri, Nurdin Sanmas  menyampaikan pelaksanaan shalat ied di Masjid Agung Al-Aqsha Sentani berjalan lancar berkat dukungan dan partisipasi komunitas kerukunan juga pihak gereja.

“Harapan kami kedepan perlu ditingkatkan kerjasama dengan semua stakeholder yang ada di Kabupaten Jayapura karena kita tau kabupaten ini adalah kabupaten pertama di Indonesia yang terbentuk integritas kerukunan umat beragama,” jelas Nurdin.  (nds)

Baca Juga:

Lanud Silas Papare Latih Masyarakat Bambar Bercocok Tanam

Nethy Dharma Somba

Dukung TMMD, Pemkab Keerom Alokasikan Dana Rp 1,4 Miliar

Nethy Dharma Somba

Warga Jayapura Antusias Melihat Alutsista TNI AD

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment