Pospapua.com
Yohannis Bassang alias Yombas usai tes wawancara di Kantor Partai Golkar Sulawesi Selatan, Senin (4/11).
Politik

Maju di Toraja Utara, Mantan Wabup Mimika Bergerilya Cari Dukungan

Oleh: Akbar Nur Qodri |

Pospapua.com, Makassar – Mantan Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Papua, Yohannis Bassang (Yombas) maju dalam pemilihan Bupati Toraja Utara (Torut) yang akan dilaksanakan serentak 2020 mendatang.

Yombas mengaku tengah mengejar usungan Partai Politik pada Pilbup Torut. Bahkan, tim pemenangannya tengah bergerilya mencari dukungan KTP (Kartu Tanda Penduduk) warga yang menjadi syarat pencalonan melalui jalur independen.

“Tim pemenangan telah bergerilya mengumpulkan KTP, dikarenakan gengsi di Toraja Utara sangat tinggi, maka dari itu usungan partai harus dikejar,”  kata Yombas kepada wartawan seusai menjalani tes wawancara di Partai Golkar Sulsel, Senin (4/11).

Dia pun mengibaratkan jalur independen yang ditempuhnya selain mengejar usungan partai politik merupakan cadangan yang telah diperhitungkannya. “Misalnya mau pakai independen jadi, mau pakai partai jadi. Tapi gengsi di sana itu tinggi sekali, jadi tim saya ini mau pakai partai, jadi saya ikut mereka. Ibaratnya ini mobil, ada ban utama dan ban serep, ibaratnya seperti itu,” ujarnya.

Menurut Yombas, kepulangan dirinya ke kampung halaman karena keprihatinannya dengan pembangunan daerah yang tidak signifikan.”Saya pulang kampung untuk kemajuan masyarakat di tana kelahiran saya, Toraja Utara,” katanya.

Dia berharap Golkar, PDIP, Demokrat, Hanura, Gerindra dan beberapa partai politik lainnya dapat melirik pencalonannya. “Tentu partai partai besar ini mau menang dan kalau mau menang usung saya. Partai mana yang mau kalah, pasti semua mau menang, yah kalau mau menang kasih Yombas,” tuturnya.

Diketahui Yombas pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Mimika tahun 2014-2019. Saat itu Bupati Mimika dijabat oleh Eltinus Omaleng yang juga terpilih kembali sebagai bupati di wilayah yang tersohor dengan tambang emasnya. (Ani/Asi/INI Network)

Baca Juga:

55 Anggota DPR Papua Dilantik, 26 Orang Wajah Baru

Syaiful

Lima Desa di Raja Ampat Kini Nikmati Listrik

Nethy Dharma Somba

Pilkades Lebeng Barat Mirip Hajatan, Warga Pilih Coblos Istri Petahana

Syaiful

Leave a Comment