Pospapua.com
Aksi unjuk rasa susulan tolak rasisme mahasiswa Papua di Taman Imbi, Kota Jayapura, Kamis (29/8). (foto : istimewa)
Headline

Mahasiswa Pulang ke Papua, Gubernur : Jangan Mimpi Bicara Merdeka !

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Gubernur Papua Lukas Enembe mengingatkan kepada mahasiswa agar tidak bermimpi bicara kemerdekaan Papua di tengah-tengah situasi keamanan yang terjadi di wilayah paling timur Indonesia ini.

Menurut dia, persoalan Papya sudah dianggap selesai. Mantan Bupati Puncak Jaya ini pun mewanti-wanti mahasiswa Papua agar tidak menjadi korban dalam mimpi kemerdekaan.

“Jangan datang ke Papua dengan tujuan tertentu, apalagi bicara Papua merdeka, itu percuma. Negara kita sudah jelas, persoalan ini sudah selesai. Jangan kau jadi korban, mimpi untuk bicara Merdeka,” kata Lukas Enembe dalam keterangan pers di Gedung Negara Jayapura, Senin (23/9).

Enembe mengaku telah menyurati para mahasiswa eksodus yang berada di Kota Jayapura agar bersedia berdialog, sehingga pemerintah bisa mengetahui keinginan mereka. Hanya saja, kata Enembe, mahasiswa masih kukuh menolak undangan tersebut.

“Kalau kamu (mahasiswa) mau sekolah, kembali ke tempat studi kalau daerah itu dianggap aman. Tapi, kamu tidak mau ketemu Gubernur lalu buat aksi-aksi, ini tidak ada ampun lagi,” tegasnya.

Dia pun meminta para mahasiswa itu untuk menghentikan semua kegiatan yang berbau kejahatan sehingga menggangu ketertiban dan kenyamanan masyarakat Papua. “Para siswa di Wamena agar tak terprovokasi dengan hasutan dari mahasiswa yang nantinya justru menggangu pendidikan diri sendiri,” pesan Enembe.

Sebelumnya diberitakan, bentrok terjadi antara aparat keamanan TNI-Polri dengan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) di kawasan Expo, Waena, Kota Jayapura, Senin (23/9) siang.

Bentrokan ini menyebabkan satu prajurit TNI gugur akibat diserang pendemonstrasi. Korban merupakan prajurit Yonif 751 Raider bernama Praka Zulkifli. Dia meninggal akibat luka bacok pada bagian kepala. (Asi)

Baca Juga:

Kebakaran di APO Jayapura, Tewaskan Seorang Nenek

Nethy Dharma Somba

Bupati Ateng Edowa Minta, Aparat yang Mabuk Ditarik dari Deiyai

Nethy Dharma Somba

Gunung Sinabung Kembali Erupsi, Status Awas

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment