Pospapua.com
Tim SAR Jayapura mengawasi warga yang sedang berwisata di Pantai Hamadi, Jayapura. (foto: humas SAR Jayapura)
Nusantara

Liburan, SAR Jayapura Patroli ke Sejumlah Objek Wisata

Oleh: Hasibuan Aman |

Pospapua.com, Jayapura– Kantor Search and Rescue (SAR) Jayapura menyiagakan 20 personilnya di posko pengamanan pantai Jayapura untuk mengantisipasi kecelakaan laut pada liburan lebaran 2019.

“Untuk pengamanan objek wisata kita fokus di beberapa tempat,”kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jayapura, Putu Agra Sujarwadi, Kamis (6/6).

Ia mengatakan, jajarannya disiagakan di posko penyelamatan dan melakukan patroli keliling di pantai-pantai Jayapura yakni pantai Amai, Holtekam, Base G, Hamadi, Pantai Kantor Gubernur, Danau Sentani dan lainnya yang menjadi objek wisata bagi masyarakat setempat.

Dalam pengamanan pantai, personil SAR Jayapura dan peralatan penyelamatan yang siap bertugas memberikan bantuan apabila terjadi kecelakaan laut yang membahayakan.

Putu menyebutkan, setelah hari raya, masyarakat Jayapura lebih banyak memilih berlibur dengan berwisata ke objek wisata, termasuk pantai, namun, seperti diketahui daerah pantai untuk saat ini memiliki gelombang yang cukup besar sehingga perlu diantisipasi atau diwaspadai. Maka, diharapkan masyarakat berhati-hati dan memperhatikan keluarganya serta batas-batas yang ada di pantai untuk menghindari adanya kecelakaan laut.

“Tentunya kita memberikan imbauan pada masyarakat yang lagi mandi-mandi di pantai agar memperhatikan gelombang dan memperhatikan anak-anaknya agar jangan mandi terlalu jauh ke dalam laut,’’ ujarnya.

Ia mengajak masyarakat yang berkunjung di pantai untuk selalu mematuhi tanda-tanda yang ada di laut. Anak kecilnya dipantau orang tuanya agar tidak berenang di zona merah. Apabila tidak bisa berenang atau menguasai arus ombak sebaiknya tidak mandi di laut.

Selain itu, ia berpesan kepada masyarakat agar berenang tidak melewati batas yang sudah ditentukan karena akan bisa membahayakan diri sendiri ketika tidak memperhatikan batas-batas yang ada di laut.

“Kalau ada alat pelindung sebisa mungkin digunakan selama mereka mandi-mandi seperti pelampung atau ban yang ada disewakan dipantai tersebut,” tutur Putu.

Tim SAR Jayapura meminta kepada masyarakat apabila ada keluarga atau melihat ada yang mengalami musibah maupun kecelakaan membutuhkan bantuan hendaknya melaporkanya ke posko yang terdekat sehingga segera dilakukan pertolongan.  (nds)

 

 

 

Baca Juga:

Bupati Jayapura Minta ASN tidak Tambah Libur Lebaran

Nethy Dharma Somba

Yonif 756/Wimane Sili, Alih Kendali dari Kodam XVII/Cenderawasih ke Korem 172

Nethy Dharma Somba

Kapolda: 7000 Polisi di Polda Papua Belum Punya Rumah

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment