Pospapua.com
Komandan Lanud Silas Papare Marsekal Pertama TNI Tri Bowo Budi Santoso, melatih masyarakat Kampung Bambar menanam sayur. (foto: hasibuan aman)
Nusantara

Lanud Silas Papare Latih Masyarakat Bambar Bercocok Tanam

Oleh: Hasibuan Aman |

Pospapua.com, Jayapura- Lanud Silas Papare Jayapura melatih warga Kampung Bambar Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura untuk bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan di sekitar rumah masing-masing.

Komandan Lanud Silas Papare Marsekal Pertama TNI Tri Bowo Budi Santoso mengatakan melalui pelatihan bercocok tanam ini diharapkan masyarakat mau menanam sayuran seperti bayam, kangkung,sawai, cabai dan lain. Terlebih, jenis sayuran tersebut tidak memerlukan waktu lama untuk dipanen, serta tidak harus mempumyai lahan yang luas.

“Lahan kita sudah siapkan dan langsung praktek becocok tanam bersama masyarakat Bambar. Ilmu bercocok tanam ini perlu ditularkan kepada masyarakat sehingga bisa menanam tanaman di lahan sekitar rumahnya,” ujar Komandan Landu Silas Papare Marsekal Pertama TNI Tri Bowo Budi Santoso, Selasa (18/6).

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan punya kemampuan untuk bercocok tanam sehingga  mereka terdorong atau termotivasi untuk memanfaatkan lahan yang ada disekitarnya guna menambah pendapatan perekonomian mereka dan bisa memenuhi kebutuhan sayur sehari-hari.

“Kalau kita rutin menanam sayur-sayuran maka dalam waktu 18-20 hari sudah bisa dipanen. Jadi kalau kita punya beberapa lahan, panen pun akan terus berlangsung sehingga sumber ekonomi masyarakat itu makin meningkat,” jelasnya.

Tri Bowo mengatakan pelatihan bercocok tanam ini lebih diutamakan kepada masyarakat yang terdekat di Kabupaten Jayapura sesuai dengan lahan yang tersedia.

“Saya bersama anggota lanud juga sudah belajar dengan masyarakat petani di Komba yang sudah profesional. Mereka ini sudah terkenal sebagai pemasok sayur-sayuran ke Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura,” akunya.

Danlanud berharap pada masyarakat Bambar bisa mengembangkan tanaman sayur ini diwilayan mereka seperti masyarakat di Komba Sentani. Dalam pelatihan tersebut sejumlah bibit sayuran sudah ditanam bersama masyarakat setempat.

“Pelatihan bercocok tanam ini bisa memberikan pengetahuan masyarakat lainnya yang tertarik dengan kegiatan bercocok tanam tersebut. “Warga harus melihat hasilnya. Jadi jika butuh sayur atau cabai tinggal petik dan ini untuk ketahanan pangan mandiri,” tandasnya. (nds)

Baca Juga:

Nelayan Diimbau Waspadai Gelombang Laut Setinggi 2,5 Meter

Nethy Dharma Somba

Ditunda, Pemakaman Massal Korban Banjir Bandang Sentani

Nethy Dharma Somba

1500 Personil TNI/Polri Ikut Simulasi Pengamanan Pemilu 2019

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment