Pospapua.com
Aktifitas depan Markas Polres Jayapura Kota saat Operasi Zebra Matoa 2019, awal November. (foto: dok Humas Polresta)
Headline Nusantara

Kriminalitas Tinggi, Polres Kota Jayapura Naik Status Jadi Polresta

Oleh: Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Kepolisian Resort Jayapura Kota telah mengalami peningkatan status menjadi Polres Kota Jayapura. Peningkatan status ini mengusul padatnya jumlah penduduk disertai tingginya kriminalitas di kota tersebut.

Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw kepada wartawan, mengatakan peningkatkan status Polres Jayapura Kota telah diusulkan bersama-sama dengan dua Polres lainnya di wilayah Merauke dan Biak. Namun dari tiga Polres yang diusulkan baru satu yang disetujui.

“Kita usulkan tiga waktu itu, dengan Merauke dan Biak untuk mengimbangi leveling daripada temen-temen TNI, di situkan bintangnya (pangkat pejabat) sudah berapa, tapi disetujui baru Polres Jayapura Kota,” tuturnya saat ditemui di Kantor Gubernur Papua, Jumat (8/11).

Dia menilai kualitas dan kuantitas tindak kriminalitas di Kota Jayapura sudah hampir sama dengan kota-kota besar di luar Papua.  “Jumlah penduduk, ditambah dengan kuantitas dan kualitas kejahatan yang dipertimbangkan. Saya pikir Kota Jayapura sudah hampir sama dengan kota-kota besar di (luar Papua),” terang Waterpauw.

Jenderal bintang dua asli Papua ini menyatakan tengah menyiapkan pejabat sementara (PS) berpangkat Komisaris Besar Polisi untuk menduduki jabatan Polres Kota Jayapura. “Kita lagi menuju PS-nya pejabat sementara, sambil bergerak pengisian jumlah personel dan lainnya,” tutur Waterpauw.

Sementara itu, berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/3019/XI/KEP/2019, yang dikeluarkan tanggal 8 November 2019 yang ditanda tangani Asisten SDM, Irjen Polisi Eko Indra Heri, AKBP Gustav Robby Urbinas diangkat menjadi Kapolres Kota Jayapura.

Pengangkatan ini secara otomatis akan menaikan pangkat salah satu putra terbaik Papua yang kini mengemban tugas sebagai Kapolres Jayapura Kota. Pangkat AKBP dipastikan akan berganti menjadi Komisaris Besar Polisi, sesuai peningkatan status Polresta. (Asi)

Baca Juga:

2.813 Pendaftar CPNS di Kabupaten Jayapura Ikut Tes CAT

Nethy Dharma Somba

KPK ke Jayapura, Pimpinan OPD Dilarang Melakukan Perjalanan Dinas

Nethy Dharma Somba

Bukit Pandanan NTB Terbakar, Dua Tim Diterjunkan

Syaiful

Leave a Comment