Pospapua.com
Suasana penyortiran surat suara Pileg dan Pilpres 2019 oleh KPU Kota Jayapura. (Foto: bawaslu kota Jayapura)
Nusantara

KPU Kota Jayapura Cetak Ulang 13.000 Surat Suara

Oleh: Ari Bagus Poernomo | 

Pospapua.com, Jayapura– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jayapura mencetak ulang 13.000 surat suara yang rusak dan saat ini sudah dalam proses penjemputan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Ketua KPU Kota Jayapura Octovianus Injama yang ditemui wartawan di Aula Balai Diklat Kotaraja, Abepura mengatakan surat suara yang rusak tersebut ditemukan saat dilakukan penyortiran. ‘’Dari 1.537.841 surat suara yang diterima, 13.000 diantaranya mengalami kerusakan. Kerusakan dan pencetakan ulang ini sudah kami laporka ke KPU RI melalui KPU Provinsi Papua,’’ terangnya.

Laporan surat suara yang rusak tersebut sudah ditindak lanjuti oleh KPU-RI dengan mengeluarkan surat ke tempat percetakan logistik surat suara yang ada di Makasar.

‘’Hari ini kasubag logistik, sekretaris KPU Kota Jayapura beserta Bawaslu Kota Jayapura dan pihak kepolisian sebagai pengawal sudah berangkat ke Makasar untuk menjemput surat suara yang sudah dicetak ulang tersebut untuk didistribusikan di Kota Jayapura,’’ ujarnya.

Dari sejumlah kerusakan yang terdapat pada surat suara tersebut sebagian besar kesalahan warna,  misalnya surat suara presiden yang sebenarnya warna abu-abu tapi berubah menjadi warna merah bahkan ada yang warna kuning dan begitupun sebaliknya.

Selain itu juga terdapat titik-titik tinta yang menyebar dinama-nama  calon juga akan membuat surat suara tersebut menjadi tidak layak digunakan.

‘’Kesalahan warna pada surat suara ini tentu merupakan suatu yang fatal dan maka dari itu harus digantikan dan dinyatakan rusak, apalagi warna pada suarat suara merupakan salah satu tanda pengenal bagi 5 jenis surat suara yang ada,’’ ungkapnya.

Sejauh ini, kendala yang ada di KPU Kota Jayapura hanya surat suara yang ditemukan rusak saat penyortiran tersebut, sehingga semua tahapan akan terus bejalan sesuai prosedur  hingga sampai pada tahapan pemilihan nantinya.

Terkait pendistribusian logistik surat suara ke distrik-distrik di Kota Jayapura akan dilakukan H-3 dan dipastikan semua sudah sampai pada tempat pemilihan masing-masing distrik.

 ‘’Kami pastikan semua logistik termasuk pengganti surat suara yang rusak tersebut akan siap didistribusikan ke tiap distrik dan TPS-TPS yang ada di Kota Jayapura,’’ jelasnya. (NDS)

Baca Juga:

Pemilu Susulan di Jayapura Berlangsung Sukses

Nethy Dharma Somba

Empat Anggota OPM Gabung ke Indonesia

Nethy Dharma Somba

Nelayan Emas Biru Papua Dilatih Olah Ikan

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment