Pospapua.com
Logistik yang masih menumpuk di KPU Kota Jayapura pada hari pemungutan suara. (istimewa)
Headline

KPU Diminta Evaluasi Pelaksanaan Pemilu di Papua

Oleh: Hasibuan Aman

Pospapua.com, Jayapura– Rektor Universitas Cenderawasih Dr Ir Apolo Safanpo, ST, MT mengatakan pelaksanaan Pemilu 2019 di Provinsi Papua berlangsung aman, lancar dan damai, namun masih banyak kekurangan.

Salah satu kekurangan yang sangat menyolok adalah keterlambatan distribusi logistik Pemilu yang disebabkan oleh beberapa faktor yaitu tingkat kesulitan transportasi di wilayah setempat, sehingga penyelenggara terkendalam dalam melakukan distribusi.

“Memang kita lihat ada berbagai kendala yang dihadapi KPU. Misalnya di Kota Jayapura pendistribusian logistik pemilu terjadi keterlambatan sehingga pelaksanaan pemilu tidak bisa dilaksanakan pada hari itu dengan alasan surat suara di cetak di Jakarta dan pengiriman terlambat, sehingga proses pelipatan dan penyiapan logistik itu lambat,” ujarnya.

Selain masalah logistik, menurut Apolo, penyelenggara pemilu tersebut baru dibentuk dalam beberapa bulan, sehingga menjadi salah satu kendala bagi komisioner yang baru untuk menyesuaikan diri dalam mempersiapkan teknis pelaksanaan pemilu.

“Permasalahan Pemilu ini terjadi di beberapa kabupaten yaitu Kabupaten Intan Jaya,  Jayapura, Mambramo dan Kabupaten Nduga dimana masyarakat banyak meninggalkan tempat tinggal,” katanya.

Daerah-daerah yang sempat mengalami kendala semuanya sudah bisa ditangani oleh KPU bersama Bawaslu dengan mengambil langkah-langkah pemilu susulan dibeberapa kabupaten.

“Saya kira secara umum Pemilu sudah berjalan baik, namun perlu dilakukan evaluasi bagi penyelenggara Pemilu, agar Pemilu berikutnya bisa berjalan lebih baik lagi,”ungkapnya.

Ia berharap semua hasil Pemilu ini bisa diterima oleh semua elemen masyarakat di Papua agar tidak timbul permasalahan di tengah-tengah masyarakat yang bisa merugikan masyarakat itu sendiri. (nds)

Baca Juga:

Berhasil Bina KKSB, 10 TNI AD Naik Pangkat Luar Biasa

Nethy Dharma Somba

14 OPD Pemprov Papua Belum Laporkan Aset ke KPK

Syaiful

Separatis Bersenjata Serang Ibu Kota Puncak Papua

Syaiful

Leave a Comment