Pospapua.com
Ketua DPR Papua Yunus Wonda. (foto : dok Pospapua.com)
News

Ketua DPR Papua : Masalah Mahasiswa Sangat Krusial, Tidak Seperti Pemikiran Wiranto

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Papua, Yunus Wonda menilai kepulangan mahasiswa Papua merupakan masalah yang sangat krusial, tidak seperti pemikian Wiranto, Menkopolhukam.

“Pemerintah Pusat tidak bisa melihat persoalan ini sepele, tapi ini masalah sangat krusial. Wiranto harus tahu bahwa masalah Papua tidak sesederhana itu, dengan banyaknya anak-anak (mahasiswa) pulang  akan menjadi sorotan dunia internasional,” ujar Yunus Wonda kepada usai rapat koordinasi dan konsolidasi Forkopimda dan para tokoh Papua di Gedung Negara Jayapura, Jumat (13/9).

Dia pun mengkritik pernyataan Wiranto soal status keamanan di Papua.“Kalau kita dengar pa Wiranto, Papua sudah aman, sudah ada kebijakan keamanan, nggak ada itu. Masalah anak-anak ini bukan masalah gampang,” katanya.

Sejauh ini, Yunus Wonda mengaku masih kesulitan membangun akses komunikasi dengan mahasiswa Papua yang pulang dari kota studi, untuk meminta penjelasan alasan kepulangan mereka. “Kenapa anak-anak pulang, kami sebagai orang tua susah membangun akses kepada mereka, apalagi anda sebagai Menkopolhukam tidak akan mampu,” tegasnya.

Menurutnya, satu-satunya solusi untuk menyelesaikan masalah kepulangan mahasiswa Papua dari sejumlah kota studi adalah dengan duduk bersama mahasiswa itu sendiri. “Meskipun pertemuan untuk membahas masalah tersebut digelar hingga ratusan kali, tetap tidak akan mendapat solusinya selama mahasiswa Papua yang pulang itu tidak ikut berdialog,” ujar Yunus Wonda.

DPR Papua akan terus berupaya membangun komunikasi hingga para mahasiswa itu siap untuk bertemu dengan Pemerintah Papua dan pihak terkait lainnya. Yunus Wonda mengaku akan mendata seluruh mahasiswa yang telah berada di Papua untuk keperluan pendistribusian bahan makanan.

“Jadi memang kita harap, kita pastikan kapan mereka bisa punya waktu bertemu Gubernur, DPR, MRP dan lainnya, baru kita bisa tahu. Sebab kondisi yang anak-anak hadapi itu hanya mereka yang tahu,” ucapnya. (Asi)

Baca Juga:

Pengasuh Pesantren Al-Mubarak: Indonesia Macan Asia di Era Pak Harto

hamim

Inspirasi Sehat Ala Sandiaga Uno

hamim

Pentingnya Literasi Politik Islam

hamim

Leave a Comment