Pospapua.com
Nasional News

Kemenag Akan Bentuk Tiga Dirjen Pendidikan Islam

Selama ini, pendidikan Islam masih bersifat vertikal langsung kepada Kementerian Agama. Sedangkan pendidikan umum sudah mengalami desentralisasi melalui otonomi daerah.

Jakarta — Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Ditjen Pendis) mengusulkan kepada pemerintah untuk membentuk tiga ditjen yang fokus menangani pendidikan Islam.

Ketiga ditjen tersebut yaitu Ditjen Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ditjen Pendidikan Dasar Menengah Islam dan Ditjen Pendidikan Diniyah dan Pesantren.

“Jadi ada ada tiga Direktoral Jenderal yang kita usulkan untuk memecah dari satu Pendis itu. Prosesnya sekarang masih pembahasan di Kemenpan RB. Setelah Menpan setuju dan diusulkan ke Presiden, Presiden setuju, setelah itu langsung ditetapkan Direktorat Jenderal,” kata Dirjen Pendidikan Islam Kamarudin Amin di Gedung Kemenag, Jakarta, Jumat (4/1).

Kamaruddin menyebutkan pihaknya akan mengelola ketiga Dirjen tersebut secara optimal. Pasalnya, kata dia, selama ini pendidikan Islam masih bersifat vertikal langsung kepada Kementerian Agama. Sedangkan pendidikan umum sudah mengalami desentralisasi melalui otonomi daerah. Sehingga walikota, bupati dan gubernur ikut berperan dalam memajukan pendidikan umum.

“Nah kalau hanya satu Ditjen mengurusi semuanya mulai dasar sampai perguruan tinggi, pusat sampai daerah, itu terlalu besar. Jadi alangkah bagusnya kalau bisa diurus secara proporsional oleh tiga direktorat jenderal guna meningkatkan mutu dan tata kelola,” katanya.

Mengenai RUU Pesantren, Kamaruddin menjelaskan pihaknya telah mengirimkan DIM kepada DPR dan Pemerintah serta beberapa kementerian terkait. Selain itu, Kemenag menggandeng beberapa stakeholder seperti Pondok Pesantren, Ormas dan lembaga pendidikan non formal untuk segera merampungkan RUU tersebut.

“Setelah semuanya selesai, kita kirim ke Setneg (sekretariat negara) untuk ditindaklanjuti ke DPR,” ujar dia.

(Ahmad Z.R./INI-NETWORK)

Baca Juga:

Eksploitasi Berlebih Diduga Picu Kebakaran Lima Gunung di Jatim

Syaiful

PHBI : Kesiapan Salat Ied di Papua Sudah 90 Persen

Syaiful

PON 2020 Pertandingkan 37 Cabor, KONI Pusat Yakin Papua Masuk 5 Besar

Syaiful

Leave a Comment