Pospapua.com
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua drg Aloisyus Giai. (foto; faisal narwawan)
Nusantara

Kematian 17 Warga di Bomela Yahukimo, Jangan Hanya Salahkan Dinas Kesehatan

Oleh: Faisal Narwawan |

Pospapua.com, Jayapura – Dinas Kesehatan Provinsi Papua meminta, publik tak hanya berkomentar dan menyalahkan Dinas Kesehatan mengenai kematian 17 warga Distrik Bomela, Kabupaten Yahukimo.

“Masalah ini harus menjadi tanggung jawab semua pihak. Ya menjadi tanggung jawab lintas sektor terkait seperti Dinas Sosial, Dinas PU dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) bukan Dinkes saja,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Provnsi Papua Aloysius Giyai, Senin (24/6).

Hal perlu disoroti kata dia bukan petugas medis semata, tetapi harus juga melihat penyebabnya dari kejadian tersebut. “Misalnya ketersediaan air bersih di Bomela itu bagaimana, pemanfaatan dana ADD bagaimana,” tambah Kadinkes.

Menurutnya semua pihak harus instropeksi diri karena kematian yang terjadi ada mata rantainya.

“Faktor pencetus, faktor utamanya apa, rumahnya sehat tidak, ekonomiya bagaimana,  jadi bukan Dinkes saja,” katanya lagi yang mengaku juga tak membela bagian kesehatan.

Disampaikan, pihaknya selalu menerima kritikan yang ditujukan terhadap Dinkes Kesehatan, namun ia membantah jika dituding Dinkes Papua menjadi penyebab kematian.

“Kami Dinkes Papua sudah banyak berbuat, bagaimana  tergantung pemerintah daerahnya saja, dinkes setempat bagaimana, ada tidak saat warga butuh, ini mungkin di sektor kesehatan yang perlu diubah, tetapi sekali lagi bukan hanya Dinkes saja,” tambahnya lagi.

Tujuh belas warga di Bomela, Yahukimo dikabarkan meninggal dunia dan 194 orang menderita sakit dengan gejala demam, diare, batuk dan pilek.

Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo sudah menurunkan tim ke Bomela untuk mengecek hal ini. (nds)

 

 

 

Baca Juga:

Longsor di Kota Jayapura, 7 Orang Meninggal Dunia

Nethy Dharma Somba

Pemuda Papua Diminta Jauhi Narkoba

Nethy Dharma Somba

Pemprov Papua : Kalau Ada Kenaikan Harga Tak Wajar Lapor Kami

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment