Pospapua.com
Tito Karnavian. (foto: Istimewa)
Hukum & Kriminal

Kapolri Perintahkan Tangkap Pembakar Lahan

Oleh: Bayu Derriansyah |

Pospapua.com, Pekanbaru –  Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Tito Karnavian memerintahkan seluruh jajarannya untuk melakukan penangkapan langsung apabila menemukan oknum masyarakat atau perusahaan yang melakukan pembakaran lahan dengan sengaja.

Hal ini menyusul kebakaran malah makin meluas, kabut asap pun jadi bencana. Badan Nasional Pananggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan hampir seluruh kasus karhutla di Indonesia disebabkan tangan manusia.

“Kita sudah menugaskan kepada jajaran Polda se-Indonesia untuk melakukan tindakan tegas, proses hukum kepada setiap orang yang melakukan pembakaran,” tegas Tito di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Senin (12/8).

Tito mengatakan, pihaknya juga berkoordinasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam melakukan penegakan hukum terhadap pelaku karhutla.

“Dan saya juga minta kepada jajaran Panglima TNI, kalau tertangkap tangan itu boleh segara dilakukan penangkapan dan diserahkan kepada penyidik kepolisian setempat,” tambahnya.

Upaya penegakkan hukum ini dilakukan untuk memberikan efek jera bagi setiap pelaku pembakaran hutan dan lahan. Akibatnya, telah menimbulkan berbagai masalah terutama pada kesehatan masyarakat.

“Jadi sebetulnya sudah ada yang ditangkap dan cukup banyak, tapi kita ingin ada tindakan tegas, baik kepada perorangan maupun kepada perusahaan agar menimbulkan efek jera,” katanya.

Sebagai informasi, saat ini jajaran Polda Riau telah menetapkan satu korporasi, yakni PT Sumber Sawir Sejahtera (SSS) serta 27 orang sebagai tersangka pembakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau. (Asi/Aza/Jss/INI Network)

Baca Juga:

Demo Tolak Pepera, 66 Simpatisan ULMWP Dibebaskan

Syaiful

Guru SMK Jadi Korban Pembunuhan Berencana, Kapolresta Beber Kejanggalannya

Syaiful

Terima Suap,  Enam Anggota DPRD Sumut Divonis 4 Tahun Penjara

Syaiful

Leave a Comment