Pospapua.com
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel.
Uncategorized

Kapolda Jateng : Mahasiswa Papua Aman di Benteng Pancasila

Oleh: Ade Lukmono |

Pospapua.com, Semarang –  Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel meminta seluruh elemen masyarakat termasuk mahasiswa Papua tidak perlu khawatir berada di Jawa Tengah yang juga merupakan benteng Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Semarang, Jawa Tengah, termasuk salah satu daerah yang dipersoalkan warga Papua selain Surabaya dan Malang, Jawa Timur terkait dugaan tindakan persekusi mahasiswa. Namun, Kapolda dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sudah memberikan jaminan keamanan.

Kapolda memberi jaminan keamanan bagi warga maupun mahasiswa Papua yang ada di Jawa Tengah, baik masyarakat Papua yang tengah studi maupun beraktivitas sehari-hari.

“Kami tidak pernah menyebut kamu dari daerah mana. Di sini hanya satu bangsa, yaitu bangsa Indonesia,” ujar Rycko usai acara Serah Terima Jabatan petugas Polda Jawa Tengah di Gedung Borobudur, Mapolda Jateng, Selasa (20/8).

Karena itu, Rycko mengimbau agar masyarakat Papua tidak perlu melakukan aksi ke jalan. Dia mencontohkan saat pelaksanaan Pemilu serentak 2019 lalu di Jateng. Warga Jawa Tengah tetap gotong royong serta menjaga persatuan dan toleransi walaupun berbeda pilihan.

“Kami sudah pernah menyuarakan itu kepada Indonesia bahwa warga Jateng menolak kerusuhan, menolak intoleransi dan kekerasan,” tegasnya.

Namun hal tersebut tidak lantas membuat mahasiswa Papua di Semarang merasa aman. Di Asrama Mahasiswa West Papua yang terletak di Kelurahan Candi, Kecamatan Candisari Kota Semarang, para mahasiswa masih enggan menerima tamu dari luar.

Hal tersebut terkait dengan kerusuhan yang terjadi antara warga dan mahasiswa asal Papua. Para mahasiswa merasa menjadi korban diskriminasi dan rasisme.

“Kami tetap merasa terancam, tidak tenang,” kata salah satu penghuni asrama yang tidak mau menyebutkan nama.

Hal serupa juga pernah disebutkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Semua warga asal Papua yang berada di Jawa Tengah aman. Ganjar mengatakan sudah berkomunikasi dengan stakeholder agar suasana yang sempat meruncing antara mahasiswa Papua yang menuntut ilmu di luar Papua menjadi lebih tenang. (Ags/Aza/Asi/INI Network)

Baca Juga:

Tower Tertimpa Pohon Sistem Kelistrikan di Jayapura Terganggu

Nethy Dharma Somba

Masyarakat Puncak di Papua Nikmati Christmas Flight

Nethy Dharma Somba

Pawai Ogoh-ogoh Cara Umat Hindu Mengusir Kekuatan Jahat

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment