Pospapua.com
Feature

Kampung Nelayan, Destinasi Wisata Baru di Kota Jayapura

Oleh: Dharma Somba |

Pospapua.com, Jayapura – Mendengar kata kampung nelayan yang muncul di bayangan banyak orang suasana hiruk pikuk, sumpek dan semacamnya. Namun berkunjung ke Kampung nelayan di Hamadi Jayapura, bayangan tersebut langsung sirna.

Kampung Nelayan terletak di Hamadi, pusat perdagangan ikan terbesar di Kota Jayapura bahkan jembatan dibangun menyambung dengan pelabuhan ikan di Hamadi.

Begitu kaki menapaki ujung jembatan yang dibangun sepanjang 2 kilometer, mata kita langsung disuguhi pemandangan luasnya laut lepas Samudera Pasific.

ukiran khas Papua menghiasi jembatan pembatas di Kampung Nelayan. (istimewa)

Jembatan yang dibangun pun tak kalah menariknya seolah menjadi pembatas antara rumah warga dengan batas laut. Pinggir tembok pembatas jembatan dihiasi dengan ukiran bermotif budaya Papua.

Setiap hari menjelang sore jika tidak turun hujan, warga sekitar menghabiskan waktu duduk-duduk menikmati alam, ada yang asik berselfi dengan teman-temannya ada yang memancing dan anak- bermain dengan teman-temannya, berlarian di atas jembatan, suatu pemandangan yang membuat hati tenteram.

‘’Mau selfi -selfi saja dengan teman-teman, soalnya lagi viral di media social lokasi ini,’’ ujar Nurni, warga Abepura yang sore itu sengaja datang ke Kampung Nelayan.

Selain membangun jembatan juga dibangun taman di Kampung Nelayan, tentunya taman terapung. Dan taman itu menjadi lokasi favorit untuk menikmati indahnya alam sekitar Kampung Nelayan.

Untuk mencapai lokasi tersebut harus berjalan kaki, karena jembatan tidak dibangun untuk pengendara tetapi untuk pejalan kaki.

Waktu yang tepat untuk berkunjung saat sore hari, mulai pukul 16.00 WIT saat panas maatahari mulai berkurang, sambal menikmati minuman yang dijual di pinggir jembatan, pengunjung menunggu saat sunset. ‘’Saat suset pemandangan di sini sangat indah, karena kita menyaksikan matahari masuk ke dalam laut tanpa terhalang apapun,’’ ujar Jefri.

salah satu spot tempat berfoto di Kampung Nelayan. (istimewa)

Warga kampung nelayan sangat senang dengan adanya jembatan yang dibangun melintasi kampung mereka, karena memberikan suasana baru. Anak-anak pada sore hari bermain di sekitar jembatan, perahu nelayan pun bejejer rapi di bawah jembatan jika sedang tidak melaut.

Dengan meningkatnya kunjungan ke kampung nelayan, warga setempat juga mendapatkan tambahan ekonomi dengan berjualan di pinggir  rumah yang dilewati pegunjung, ada yang berjualan minuman, penganan khas Papua dan souvenir-souvenir.

‘’Senang sekali kita dengan adanya jembatan ini, mempermudah keluar rumah, karena jalan sudah bagus, serta juga membuat kampung keliatan lebih rapih,’’ ujar Mama Maria. (NDS)

 

Baca Juga:

Kampong Pande, Cagar Budaya Kerajaan Islam di Aceh yang Terabaikan

Nethy Dharma Somba

Bayi Tiga Bulan Selamat Setelah Tujuh Jam Tertimbun Pasir

Nethy Dharma Somba

520 ASN Provinsi Papua Dikerahkan ke Lokasi Bencana

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment