Pospapua.com
Kabut asap di aceh. (Foto: Antara)
Nusantara

Kabut Asap di Aceh Mulai Telan Korban, Tim Medis Disiagakan

Oleh: Eko P |

Pospapua.com, Aceh – Pemerintah Kabupaten Acen Barat menyiagakan petugas medis di kecamatan-kecamatan yang wilayahnya diliputi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan. Langkah ini menyusul timbulnya gangguan kesehatan pada warga.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat Syarifah Junaidah, Rabu (7/8), mengatakan, petugas medis ini akan melakukan antisipasi jika ada masyarakat yang jatuh sakit sehingga dapat segera mendapatkan pertolongan medis.

“Ada dua warga Kecamatan Bubon yang menjalani perawatan karena mengalami gangguan kesehatan akibat paparan kabut asap. mereka rata-rata mengalami gangguan pernafasan (ISPA),” ujar Syarifah Junaidah.

Di Kecamatan Bubon, menurut dia, seorang perawat dibawa ke rumah sakit swasta di ibu kota kabupaten karena mengalami gangguan pernafasan dan satu anak menjalani rawat jalan di puskesmas karena sakit akibat paparan asap.

“Korban yang jatuh sakit akibat sebaran kabut asap ini rata-rata mengalami batuk, sakit tenggorokan, dan gangguan pernapasan,” katanya.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi sejak awal Juli telah mendorong Bupati Aceh Barat menetapkan status siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan dan lahan pada 5 Agustus 2019.

Bupati menetapkan, status darurat bencana diberlakukan sampai 31 Oktober 2019 untuk memudahkan koordinasi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Aceh Barat.  (EP/asi)

Baca Juga:

Penuhi Hak Pemilih, Papua Butuh Perppu

Nethy Dharma Somba

Jamin Keamanan Mahasiswa, Forkopimda Papua Bertolak ke Jatim

Syaiful

Rekapitulasi Suara di Kabupaten Jayapura Berlangsung Kondusif

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment