Pospapua.com
Aparat kepolisian menggelar razia di Wamena, Kabupaten Jayawijaya. (foto: dok Humas Polda)
News Nusantara

Jokowi ke Papua, Patroli dan Razia Ditingkatkan

Oleh: Achmad Syaiful|

Pospapua.com, Jayapura – Kepolisian Daerah Papua telah meningkatkan patroli dan razia di tiga daerah yang menjadi tujuan kunjungan Presiden Joko Widodo di Papua. Ketiga daerah dimaksud, Wamena-Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

“Jelang kunjungan beliau (Jokowi), kegiatan kepolisian baik razia dan patroli kita tingkatkan. Ini juga untuk menyakinkan aparat kepolisian akan memberikan perlindugan kepada masyarakat di Wamena maupun Jayapura,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, Sabtu (26/10).

Sejauh ini, menurut Kamal situasi keamanan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya maupun Jayapura kondusif menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo, yang diagendakan pada Senin (28/10) mendatang.

“Wamena, Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dalam kondisi kondusif. Mudah-mudahan kehadiran beliau (Jokowi) di tanah Papua akan memberikan warna lain dalam arti kata untuk segera memulihkan masyarakat yang ada di Wamena,” tegas Kamal.

Soal pengamanan Presiden Jokowi, menurut Kamal, telah menjadi kewenangan pihak Pampres. Namun, kepolisian tetap dilibatkan dalam pengamanan wilayah. “Keterlibatan rekan-rekan kepolisian ikut serta dalam pengamanan bersama TNI. Itu menjadi tanggung jawab kita, diminta atau tidak diminta,” terangnya.

Sebelum kunjungan Presiden, Kamal menambahkan, Mendagri Purnawirawan Jenderal Polisi Tito Karnavian juga akan meninjau Wamena dan Jayapura bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Plt Kapolri, Komjen Aridono.

Dia berharap masyarakat agar tidak terganggu dari kegiatan kepolisian tersebut. “Harapan kami masyarakat tidak terganggu karena peningkatan razia dan patroli, baik pagi hari, siang hari hingga dini hari,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang berkembang, Presiden Jokowi akan meresmikan Jembatan Merah yang menghubungkan wilayah Distrik Jayapura Selatan dan Distrik Muara Tami, Senin (28/10). Jokowi dikabarkan akan meninjau lokasi pembangunan Istana Kepresidenan di kawasan Muara Tami, Kota Jayapura. (Asi)

Baca Juga:

AILA Pertimbangkan Langkah Hukum Kepada Penuduh Hoaks

hamim

Ribuan Warga Jayapura Padati Peringatan HUT-73 Bhayangkara

Nethy Dharma Somba

Warga Jayapura Sepakat Bangun Kota Sebagai Rumah Bersama

Syaiful

Leave a Comment