Pospapua.com
Pelatih Persipura Jayapura, Jackson F Tiago. (foto: istimewa)
Olahraga

Jackson F Tiago Kembali ke Persipura, ‘’Welcome Home Bigman’’

Oleh: Dharma Somba |

Pospapua.com, Jayapura – ‘’Welcome home Bigman. ” Ucapan yang dilontarkan pecinta Persipura  Jayapura begitu Ketua Umum Tim Mutiara Hitam,  Benhur Tomi Mano mengatakan,  Jackson F Tiago kembali melatih di Persipura. Pria asal Brasil ini telah mengakhiri kontraknya sebagai pelatih Klub Barito Putra.

Ucapan tersebut mengesankan bahwa Jackson menjadi harapan masyarakat Papua untuk mengembalikan kehormatan Persipura Jayapura sebagai klub elit di Indonesia yang  lima kali mengangkat Piala Presiden.

Persipura Jayapura bukanlah tempat yang asing bagi Jackson. Dia melatih Persipura di tahun 2008-2009, 2010-2011 dan 2012-2013, jadi dia serasa kembali ke rumah sendiri.

Mano mengumunkan kembalinya Jackson pada Kamis (11/7). “Hari ini saya umumkan bahwa Jackson F. Tiago sudah resmi menjadi pelatih Persipura dan besok beliau akan tiba di Jayapura,” ujarnya.

Benhur berharap, dengan kehadiran Jackson  bisa mengangkat kembali Persipura dari keterpurukan di zona degradasi yang belum meriah sekalipun kemenangan.

Roy Ratumakin, wartawan olahraga yang sudah 19 tahun meliput Persipura Jayapura menilai pemilihan manajemen terhadap Jackson atau JFT sangat tepat, apalagi saat ini Persipura dalam kondisi terpuruk. ‘’ Tidak ada pelatih yang sangat mengenal karakter pemain Papua khususnya Persipura, kecuali hanya JFT. Dia  yang paham soal seluk beluk setiap pemain yang berkompetisi di tahun ini dan juga mengetahui secara detail 18 klub peserta liga,’’ ujar Roy.

Selain itu,  JFT pernah sukses bersama Persipura untuk mengangkat trofi juara 5 kali, 3 juara Liga Indonesia dan 2 turnamen yang diselenggarakan resmi oleh Badan liga dan PSSI.
Di kalangan jurnalis, pelatih yang pernah bermain di Petrokimia Gresik dan Persebaya Surabaya  ini dijuluki The Bigman. Pengertian The Bigman ini bukan karena JFT memang memiliki badan besar namun melihat prestasi  yang diraihnya bersama Persipura. ‘’Dijuluki Bigman karena hanya JFT yang banyak memberikan gelar kepada Persipura, dan hanya JFT yg mengantarkan Persipura finish di Semifinal AFC Cup,’’ ujarnya. (nds)

Baca Juga:

Tanpa Pemain Inti, Lakers Mampu Menang Atas Utah Jazz

hamim

The Jackson Effect Terbukti, Persipura Bungkam Madura United 1-0

Nethy Dharma Somba

Philadelphia 76ers Tumbangkan Toronto Raptors

hamim

Leave a Comment