Pospapua.com
Stand Kodam XVII/Cenderawasih saat memperkenalkan Kopi Wamena di Gebyar Karya Pertiwi ke2 di Balai Sudirman, Jakarta, Jumat (15/11). (foto: Pendam Cenderawasih)
Nusantara

Ingin Cicipi Kopi Wamena? Silahkan Mampir ke Balai Sudirman

Oleh: Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura- Para penggemar kopi rasanya tidak lengkap jika tidak mencicipi Kopi Wamena, asli dari Pegunungan Papua. Kopi dengan aroma khas ini  bisa Anda cicipi di Gedung Balai Sudirman Jakarta.

Sebab, kopi ini tengah diperkenalkan oleh Kodam XVII/Cenderawasih dalam Gebyar Karya Pertiwi ke-2 tahun 2019, sejak Kamis (14/11).  Kopi Wamena terkenal dengan rasa pahitnya dengan dipadukan sedikit rasa asam bakal dijamin membuat penggemar kopi penasaran.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XVII/Cenderawasih, Mudi Herman Asaribab menjelaskan Kopi Wamena memang sedikit berbeda dari kopi-kopi lainnya. Pahit dengan perpaduan asam menjadi ciri khas perbedaan rasa kopi ini.

Agus, salah seorang penggemar kopi di Gebyar Karya Pertiwi, mengakui rasa Kopi Wamena berbeda dengan kopi pada umumnya. Perpaduan rasa pahit dan sedikit asam membuat cita rasa kopi yang komplik. “Ada rasa asamnya, membuat jadi komplit ditambah dengan aromanya yang menambah selera,” ujarnya.

Pengunjung Gebyar Karya Pertiwi ke-2 menunjukan Kopi Wamena asli dari Pegunungan Tengah, Papua, Jumat (15/11). (foto: Pendam XVII/Cenderawasih)

Sopian, seorang barista muda asal Jakarta, peracik beragam aneka kopi mengaku terpana dengan kopi dari Pegunungan Tengah tersebut.  Ini dikarenakan aroma harum yang muncul setelah meracik biji Kopi Wamena.

“Setelah di grinder, harumnya itu langsung keluar dan khas sekali. Aromanya pun beda dari kopi-kopi lainnya. Tiga tahun saya jadi barista, inilah biji yang mengeluarkan aroma yang paling khas,” kata Sopian. (Asi)

Baca Juga:

Terseret 250 Meter, Manuel Pahabol Selamat dari Banjir Bandang

Nethy Dharma Somba

Bupati Puncak Jaya akan Bangun Rumah untuk KKSB yang Menyerahkan Diri

Nethy Dharma Somba

Investor Harus Bangun Kemitraan dengan Masyarakat Adat

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment