Pospapua.com
Kendaraan menerobos banjir di Entrop, Jayapura. (foto: istimewa)
Nusantara

Hujan Empat Jam di Kota Jayapura, Sejumlah Ruas Jalan Seperti Sungai

Oleh: Dharma Somba |

Pospapua.com, Jayapura—Sejumlah jalan protokol di Kota Jayapura berubah seperti sungai setelah hujan deras yang mulai turun sejak pukul 14.00 WIT sampai pada sore menjelang malam hari, Senin (15/7).

Dari video dan foto-foto yang diunggah warga Kota Jayapura di media sosial maupun di group-group whatsaap, terlihat kendaraan antri karena jalan jalan dipenuhi air, bahkan sampai merendam sebagian badan kendaraan.

‘’Parah, kita terjebak di Entrop, mobil tidak bisa lewat, air sudah penuh di jalan,’’ ujar Christin warga Kota Jayapura yang mengendarai mobil merek Aliya.

Daerah yang terendam banjir merupakan daerah langganan banjir setiap kali turun hujan, seperti di jalan depan CV Thomas Entrop sampai ke jalan ujung PTC,  sepanjang jalan raya Sentani di Kotaraja Abepura. ‘’Seorang pengendara motor bahkan terseret banjir dengan motornya di depan Kantor Perbatasan Entrop karena derasnya air,’’ ujar Jeffri warga Jayapura.

‘’Untung sudah ada jalan alternatif, jadi kita lewat belakang saja karena di Entrop kendaraan sudah tidak bisa lewat,’’ ujar Michael.

Jalan altrenatif yang dibangun pemerintah Provinsi Papua tersebut merupakan jalan tembus dari Kantor Wali Kota Jayapura menuju ke Sentani melewati Waena tanpa harus melewati Kotaraja dan Padangbulan.

Karena semua kendaraan melewati jalan alternative, maka kemacetan pun tidak bisa dihindari. ‘’Macet parah lagi di jalan alternative,’’ ujar Lince warga Kota Jayapura.

Hujan baru terhenti menjelang malam, dan secara perlahan air pun surut.

Berdasarkan lapaoran BMKG Wilayah V Jayapura melalui peringatan dini cuaca, bahwa  15 Juli 2019 pkl 14.10 WIT, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada pkl 14.25 WIT di wilayah Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura,Heram, Muara Tami, Sentani dan sekitarnya

Dan laporan selanjutnya pkl 17.00 WIT, berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada pkl 17.20 WIT di wilayah Jayapura Utara dan sekitarnya dan dapat meluas ke Jayapura Selatan, Abepura,Heram, Sentani dan sekitarnya . Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 18.30 WIT. (nds)

Baca Juga:

Berharap Otsus Diperpanjang daripada Orang Papua jadi Menteri

Nethy Dharma Somba

Polres Jayapura Tingkatkan Patroli Antisipasi Gangguan Keamanan Pemilu

Nethy Dharma Somba

Lestarikan Budaya Membaca, TNI Sumbang Buku di Perbatasan

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment