Pospapua.com
Peta zona musim di wilayah Papua. (foto ; faisal narwawan)
Nusantara

Hujan di Jayapura Dampak dari Angin Kencang , Warga Diminta Waspada

Oleh: Faisal Narwawan |

Pospapua.com, Jayapura – Jayapura dan sekitarnya saat ini memasuki musim kemarau namun karena sering terjadi angin kencang membuat kondisi ini menurut BMKG sering turun hujan di Jayapura.

“Hujan yang sempat turun ini dampak dari angin kencang, tapi lebih berpengaruh di daerah pegunungan  tengah Papua yang topografinya lebih tinggi jadi lebih hujan cenderung turun di sana, ” ungkap Kepala BMKG V Jayapura, Petrus Demon Sili di Jayapura, Kamis (6/6) malam.

Hujan yang terjadi belakangan ini disebabkan angin kencang atau berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini, terdapat indikasi fase basah dari aktivitas gelombang atmosfer Madden Jullian Oscillation (MJO) yang dapat disertai dengan perlambatan angin, pembentukan pusaran dan belokan angin di beberapa wilayah termasuk Papua.

“Hujan yang sempat turun ini dampak dari angin kencang, tapi lebih berpengaruh di daerah pegunungan  tengah Papua yang topografinya lebih tinggi jadi lebih hujan cenderung turun di sana, ” ungkap Petrus, Kamis (6/6) malam.

BMKG juga telah merilis beberapa daerah yang berpotensi terjadi hujan lebat akibat dari pergerakan angin tersebut. ‘’Selain Papua dan Papua Barat, ada beberapa daerah lain juga yang diminta waspada, yaitu Aceh, Sumatera, Riau,  Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Kalimantan, Sulawesi, Gorontalo, dan Maluku Utara serta Maluku juga berpotensi terjadi hujan lebat ujar,’’ Petrus.

Sementara wilayah Papua bagian selatan diminta BMKG agar lebih berhati-hati terhadap tingginya gelombang laut. ‘’Di Merauke kan datar, kalau pegunungan tengah kan beda jadi di sana yang perlu waspada  gelombang laut,”  kata Petrus.

Pihaknya juga meminta nelayan di wilayah selatan Papua agar lebih waspada dan tak melaut.

Selain dipengaruhi angin, wilayah Papua juga terbagi dua jika dilihat dari zona musim yang ada. Dan Kebanyakan daerah Papua masuk dalam kategori non zona musim, artinya tak mengenal musim. (nds)

Baca Juga:

60 Pengusaha Muda Papua Siap Mengisi Lahan Bisnis di Kota Jayapura

Nethy Dharma Somba

Gempa di Halmahera Selatan, 4 Orang Tewas Tertimpa Reruntuhan Rumah

Nethy Dharma Somba

HUT-73 Bhayangkara, Polsek Sentani Kota Kunjungan ke Panti Asuhan

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment