Pospapua.com
Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano mengunjungi warga korban kebakaran di Hamadi Tanjung, Jayapura. (Foto: Ari Bagus Poernomo)
Nusantara

Hindari Kebakaran, Pasang Listrik Hubungi PLN

 

Oleh: Ari Bagus Poernomo | 

Pospapua.com, Jayapura – Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano mengimbau  seluruh masyarakat Kota Jayapura yang hendak menyambung arus lsitrik ke rumah ataupun perumahan agar dapat menghubungi Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Hal ini dikatakan BTM sapaan akrabnya lantaran sudah banyak terjadi musibah kebakaran di Kota Jayapura yang berawal dari adanya masyarakat yang menyambung listrik sendiri tanpa bantuan PLN. Seperti kebakaran yang menghanguskan lima rumah warga di Hamadi Tanjung, Rabu (3/4) diduga karena arus pendek. 

“Pertama dalam menyambung arus listrik jadi harus menghubungi PLN jangan pasang sendiri, karena kekuatan voltase dan kabel yang akan digunakan itu yang mengerti orang PLN. Dayanya berapa kekuatannya juga berapa,’’ katanya saat ditemui wartawan usai mengunjungi korban kebakaran di Kompleks Hamadi Tanjung, Kelurahan Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kamis (4/4/).

Hal ini kata BTM selalu disosialisasikan kepada seluruh masyarakat, khususnya di daerah-daerah yang padat penduduk untuk berhati-hati dalam menyambung arus listrik karena akibatnya akan sangat fatal.

Selain mensosialisasikan hal tersebut, pihaknya juga selalu mengimbau agar masyarakat sebelum meninggalkan rumah bisa memastikan terlebih dahulu rumahnya aman.

“Seperti kompor yang menyala dimatikan dan periksa peralatan rumah tangga yang berhubungan dengan listrik itu aman atau, kalau dispenser menyala ya, di cabut colokannya baru tinggalkan rumah. Hal-hal kecil seperti ini harus diperhatikan, kalau tidak, akibatnya sangta fatal,’’ katanya.

Saat ini kata BTM, Pemerintah Kota Jayapura sudah punya tim penanggulangan bencana terpadu. ‘’Dalam tim ini ada BPBD, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Kesehatan dan beberapa dinas lainnya supaya bisa langsung menangani korban sesuai dengan penanganan bencana,” ungkapnya.

BTM juga mengatakan dengan adanya tim ini maka seluruh korban bencana bisa dilayani dan dibantu dengan maksimal. ‘’Bagi korban dan yang punya e-KTP dan dokumen administrasi kependudukan terbakar,  bisa melapor ke tim ini juga dan akan dibantu untuk dibuatkan lagi, termasuk yang sakit juga bisa dilayani oleh tim ini,” pungkasnya. (NDS) 

Baca Juga:

Satgas Pamtas Yonif PR 328/DGH Amankan 17,74 Kubik Kayu Ilegal Jenis Kayu Besi

Nethy Dharma Somba

Roda Perekonomian Deiyai Pulih, Bupati Apresiasi Polri

Syaiful

Disersi, Polda Papua Pecat 10 Anggotanya

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment