Pospapua.com
Ketua PHBI Papua Alwi Tianlean menyerahkan hewan kurban sumbangan Gubernur Papua Lukas Enembe usai salat Idul Adha. (foto : Achmad Syaiful)
News

Hewan Kurban di Papua Tembus 2.341 Ekor

Oleh : Achmad Syaiful |

Pospapua.com, Jayapura – Panitia Hari-Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Papua mencatat 2.341 ekor hewan kurban telah terkumpul dalam Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah. Ribuan hewan kurban ini terdiri dari 1.888 ekor sapi dan 453 ekor kambing.

Berdasarkan data PHBI Papua, sapi terbanyak berasal dari Kabupaten Mimika sebanyak 323 ekor, disusul Kabupaten Nabire sebanyak 233 ekor. Sementara sapi kurban paling sedikit terdapat di Kabupaten Deiyai dan Dogiyai dengan jumlah 2 ekor.

Untuk kambing yang wilayah paling banyak terdapat di Kabupaten Mimika dengan jumlah 271 ekor, disusul Kabupaten Jayawijaya sebanyak 27 ekor.  Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Papua dalam tahun ini juga menyalurkan 256 ekor sapi untuk kurban tahun ini.

Hewan kurban sumbangan Gubernur Papua Lukas Enembe. (foto : Achmad Syaiful)

Ketua PHBI Papua Alwi Tianlean usai pelaksaan salat Ied di halaman Kantor Gubernur Papua Jalan Soa Siu, Dok II Jayapura, Papua, Minggu (11/8) pagi, menuturkan, data ribuan hewan kurban ini bersumber dari perwakilan PHBI di seluruh wilayah kabupaten/kota di Papua.

Dari ribuan hewan kurban ini, Alwi menyebut 21 ekor sapi merupakan sumbangan dari Gubernur Papua. Hewan kurban sumbangan pejabat nomor satu di Papua ini telah disalurkan ke sejumlah masjid di tujuh wilayan kabupaten.

“Hewan kurban sumbangan bapak gubernur sudah kami serahkan kepada perwakilan pengurus masjid, mulai dari Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Merauke, Kabupaten Nabire, Kabupaten Tolikara dan Kabupaten Jayawijaya,” terangnya.

PHBI Papua mengapresiasi sikap gubernur yang kerap memperhatikan umat muslim dengan memberikan bantuan hewan kurban. “Ini bentuk kepedulian beliau kepada umat islam di Papua dari tahun ke tahun selama dua periode ini. Kami ucapkan terima kasih,” tuturnya dengan nada haru. (asi)

Baca Juga:

TNI Tetap Jaga Netralitas

Firman

Pengasuh Pesantren Al-Mubarak: Indonesia Macan Asia di Era Pak Harto

hamim

Provokator Kerusuhan Wamena Bertambah, Perannya Terungkap dari CCTV

Syaiful

2 comments

Hewan Kurban di Papua Tercatat 1.888 Sapi dan 453 Kambing - Indonesia Inside 11 August 2019 | 21:03 at 21:03

[…] Indonesiainside.id, Jayapura – Umat Islam di Papua berkurban sebanyak 1.888 ekor sapi dan 453 ekor kambing pada Hari Raya Idul Adha, Ahad (11/8). Data tersebut disampaikan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Provinsi Papua dengan total 2.341 ekor hewan kurban. […]

Reply
Cara Identifikasi Hewan Qurban (Dini) 13 August 2019 | 19:55 at 19:55

Semoga semua masyarakat muslim di Papua bisa menikmati hasil dari hewan qurbna. Dalam memilih hewan yg akan diqurbankan, Jangan sampai salah dalam memilih hewan yg akan di-qurbankan. Lihat tips lainnya di -> http://news.unair.ac.id/2019/08/12/tips-mengidentifikasi-hewan-qurban-layak-sembelih/

Reply

Leave a Comment