Pospapua.com
Mayjen TNI Herman Asaribab (kanan) menjadi Panglima Kodam XII/ Tanjungpura menggantikan Mayjen TNI Achmad Supriadi (kiri). (Pendam XII/Tanjungpura)
Nusantara

Herman Asaribab, Putra Papua Kedua yang Jadi Panglima Kodam

Oleh: Ari Bagus Poernomo | 
Pospapua.com, Jayapura – Mayjen TNI Herman Asaribab resmi mengambil alih tongkat komando Kodam XII Tanjungpura menggantikan Mayjen TNI Achmad Supriadi yang saat ini telah memasuki purna tugas, Senin (25/3).
Hal ini diungkapkan Kapendam XII/TPR, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe dalam siaran persnya yang diterima Pospapua.com, Senin (25/3) malam.
Kapendam XII/TPR menjelaskan, upacara serah terima jabatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa di Ruang Bina Yudha Mabes TNI AD, Jalan Veteran, Jakarta Pusat.
“Serah terima jabatan dalam tubuh TNI AD akan selalu terjadi. Secara normatif, selain untuk kepentingan pembinaan personel dan organisasi, juga untuk menjaga kesinambungan dan penyegaran kepemimpinan serta pembinaan karier secara integral,” jelas Kapendam.
Disambut tarian di Kodam XII/Tanjungpura. (Pendam XII/Tanjungpura)
Mayjen TNI Herman Asaribab merupakan putra asli Papua kedua yang menjabat sebagai Panglima Kodam setelah Mayjen TNI Jopye Onesimus Wayangkau yang menjadi Panglima Kodam XVIII/Kasuari di Provinsi Papua Barat.
Asaribab sendiri pernah juga menjabat sebagai Kepala Satuan Daerah Militer (Kasdam) XVII Cenderawasih yang bermarkas di tanah kelahirannya Jayapura sejak September 2015 – Desember 2017.
Dilansir dari Wikipedia.org, Mayjen TNI Herman Asaribab merupakan alumnus Akmil tahun 1988 dan sangat berpengalaman dalam bidang Infanteri.
Sebelum menjabat sebagai Kasdam XVII Cenderawasih, Herman Asaribab juga pernah menduduki sejumlah jabatan di Satuan TNI-AD diantarannya adalah, Wadan Yonif 731/Kabaresi, Danyonif 751/BS Jayapura, Dansecaba Rindam Jaya/Jayakarta, Dandim 0505/Jakarta Timur, Pabandya 1/Mindik Paban II/Bindik Spersad (2009), Danbrigif 20/Ima Jaya Keramo Timika (2010), Dirbinsen Pussenif (2011), Danrem 172/Praja Wirajakti (2013), Pamen Mabes TNI AD (2014), Wadan Pussenif Kodiklat TNI AD  (2015), Wadan Seskoad (2015).
Di dalam negeri dirinya juga tercatat pernah bertugas sebagai Ops Tim-Tim (1990), Ops Tim-Tim (1996), Satgas Rajawali Papua (2006). Sedangkan untuk diluar negeri Asaribab pernah bertugas di Australia dan Filipina. (NDS)

Baca Juga:

Lilitkan Ular saat Interogasi, Polres Jayawijaya Minta Maaf

Nethy Dharma Somba

Tak Bayar THR, Perusahaan di Jayapura Bisa Kena Sanksi

Nethy Dharma Somba

Jenazah Warga Jerman Diterbangkan ke Bali

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment