Pospapua.com
Halal bi halal umat muslim di Abepantai, Jayapura. (foto: faisal narwawan)
Nusantara

Halal Bi Halal Pererat Silaturahim Umat Muslim Abepantai, Jayapura

Oleh : Faisal Narwawan |

Pospapua.com, Jayapura -Ratusan Umat muslim Abepantai menggelar halal bi halal di Masjid Al Fatah Abepantai, Sabtu (8/6) malam,  yang bertujuan untuk mempererat hubungan silaturrahim antar umat Islam Abepantai.

.Hala bi halal dengan tema ‘kembali ke fitri dalam hangatnya kebersamaan’ mendatangkan penceramah Ustadz H. M. Taufiqrahman Halim dari Jayapura.

Dalam ceramahnya, Ustadz Taufiqrahman mengingatkan pentingnya hubungan dengan Allah dan juga hubungan dengan umat manusia sendiri.

“Halal bi halal ini hanya ada di Indonesia,  kalau ada di luar maka itu orang Indonesia yang buat, halal bi halal pertama kali dilaksanakan Presiden Soekarno untuk menyatukan umat, untuk membuat persatuan, untuk membuat persaudaraan, karena saat itu ada perpecahan, akhirnya  dikumpulkan dang menggelar halal bi halal, menghalalkan yang telah retak,” ujar Ustadz Taufiqrahman.

Dikatakan, hubungan dengan Allah disampaikan harus terus dijaga dengan mendirikan sholat dan bentuk ibadah lainnya. “Ke dua menginfakkan harta ke masjid, untuk membangun masjid, agar kelak di akhirat kita selamat,” tegasnya.

Ia juga mengingatkan masyarakat tentang pahala membangun masjid walau tak banyak. “Ingat, saat meninggal nanti harta kita tak bermanfaat selain yang kita sedekahkan, karena sejatinya harta kita hanyalah apa yang kita makan, apa yang kita pakai dan apa yang kita sedekahkan,” katanya.

Ustadz yang suka menyelipkan humor dalam ceramahnya ini juga kembali mengigatkan pentingnya hubungan dengan sesama manusia. “Hubungan dengan manusia,  dengan sholat berjamaah itu silaturrahim, inntinya sesama manusia harus saling memaafkan,”  jelasnya.

Hal penting lainnya kata sang ustadz adalah saling  berjabat tangan sesama umat manusia.

“Menjabat tangan sesama muslim itu berpahala, bersalam sesama istri juga berpahala, jadi ibu-ibu memang perlu praktikan hal ini,” ujarnya lagi.

Disampaikan, orang yang bersedekah tak akan kurang sedikit pun hartanya, malah akan bertambah  rizkinya. “Sedekah itu datangkan kebaikan dan tak akan sebabkan orang bisa miskin, malah sebaliknya akan semakin lancar riskkinya,” katanya lagi.

Hubungan sesama manusia juga tak kalah penting dan menurutnya harus tetap di jaga. (nds)

 

Baca Juga:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kembangkan K13

Nethy Dharma Somba

Kabut Asap di Aceh Mulai Telan Korban, Tim Medis Disiagakan

Syaiful

Konsumsi Pertamax di Maluku dan Papua Meningkat Signifikan

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment