Pospapua.com
Prabowo ditemani Sandiaga Uno, pengurus teras Badan Pemenangan Nasional (BPN) dan pimpinan partai Koalisi Indonesia Adil Makmur (foto: Suandri Ansah/Indonesiainside.id)
Pilpres 2019

Gugatan Ditolak MK, Koaliasi Indonesia Adil Makmur Konsolidasi

Oleh: Suandri Ansah |

Pospapua.com, Jakarta — Mahkamah Konstitusi (MK) sudah ketok palu. Gugatan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait dugaan kecurangan Pilpres 2019 ditolak. Dengan demikian, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin menjadi presiden dan wakil presiden terpilih periode 2019-2024.

Sambil mencari langkah hukum lain bersama kuasa hukumnya, Prabowo tetap memikirkan nasib koalisi partai politik pendukungnya. Karena semua parpol pendukungnya tetap setia hingga akhir putusan MK, Prabowo akan merundingkan dengan mereka di Kertanegara hari ini.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade mengatakan bahwa partai Koalisi Indonesia Adil Makmur masih solid.

“Alhamdulilah sangat solid. Kita hadapi (putusan sidang MK) dengan tenang,” kata Andre.

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, Prabowo dan Sandiaga Uno akan kembali berkonsolidasi dengan pimpinan partai koalisi. Konsolidasi akan digelar Jumat (28/6) di Kertanegara 4, rumah Prabowo.

“Beliau akan bicara di kertengera 4, beliau akan bicara dengan partai koalisi. Beliau akan bicara dan minta pertimbangan, langkah politik selanjutnya apa,” kata Dahnil.

“Tentu yang akan jadi pilihan adalah kepentingan bangsa dan negara, kepentingan rakyat,” imbuhnya.

Partai Amanat Nasional (PAN), salah satu anggota koalisi belum bisa menjawab saat ditanya bagaimana arah politik mereka selanjutnya. Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, yang turut mendampingi Prabowo saat konpers di Kertanegara, tak mau berandai-andai saat ini.

“Kembali lagi kita jalankan proses terlebih dahulu lewat Rakernas. Rakernas di akhir bulan Juli atau Agustus. Nah di Rakernas itulah kita akan putuskan arah politik PAN ke depannya,” kata Eddy sesaat sebelum pergi dari rumah Prabowo.

Sementara, saat menggelar konpers di kantor PAN, Eddy mengucapkan selamat kepada Paslon 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin yang telah memenangkan sidang gugatan Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami dalam hal ini mengucapkan selamat, kepada Bapak Ir Joko Widodo dan KH Ma`ruf Amin yang akan menjabat presiden dan wakil presiden RI, periode 2019-2024,” ujar Eddy di Kantor PAN, Jalan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/6) malam.

Eddy mewakili PAN mengimbau kepada Jokowi agar mengayomi seluruh rakyat Indonesia baik pemilihnya maupun bukan pemilihnya. Dia juga meminta kepada seluruh rakyat Indonesia agar mendukung pemerintahan yang telah sah ditetapkan secara hukum oleh MK. (Aza/nds)

 

Baca Juga:

Bawaslu Papua Selidiki Penguasaan Dokumen Pemilu oleh Saksi Parpol

Nethy Dharma Somba

KPU RI Segera Tetapkan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Pemilu 2019

Nethy Dharma Somba

MIUMI Sayangkan Agama Dipolitisasi untuk Pencitraan Petahana

hamim

Leave a Comment