Pospapua.com
Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur. (foto; istimewa)
Nasional

Gubernur Khofifah Diperiksa KPK Selama Empat Jam

Oleh: Jee Jaini |

Pospapua.com, Surabaya – Orang nomor satu di Provinsi Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa diperiksa selama empat oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi, di gedung Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor), Ditreskrimsus Polda Jawa Timur.

Gubernur perempuan pertama Jawa Timur ini diperiksa terkait kasus pengaturan pengisian jabatan di Kementerian Agama (Kemenag) dengan tersangka Romahurmuziy (Rommy). Sebelumnya Rommy ditangkap KPK dalam dugaan suap pengisian jabatan di lingkungan Kementerian Agama RI tahun 2018-2019.

Dalam kasus yang menyeret mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, KPK juga menetapkan tersangka terhadap Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur, Haris Hasanuddin.

“Diperiksa dari pukul 09.00 sampai 13.00 WIB,” demikian disampaikan Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol Frans Barung Mangera, Jumat (26/4).

Menurut Barung, para penyidik yang melakukan pemeriksaan adalah tim dari KPK. “Ibu Khofifah diperiksa bersama empat saksi lainnya,” katanya.

Namun, Barung menyatakan tidak tahu siapa empat saksi tersebut. Kata dia, dirinya hanya mengenal Khofifah. “Empat lainnya silakan tanya ke KPK,” lanjutnya.

Demikian juga tentang substansi pemeriksaan kepada Khofifah. Barung mengatakan, tidak memiliki kapasitas untuk menjawab pertanyaan tersebut. Menurut mantan Kabid Humas Polda Sulawesi Selatan ini, dalam pemeriksaan ini merupakan wewenang dari KPK.

Dalam pemeriksaan, katanya, Polda Jawa Timur hanya menyiapkan tempat dan ruangan untuk pemeriksaan. “Mengenai substansi, itu wewenang KPK,” katanya kembali.

Sebelumnya, juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan, pemeriksaan sejumlah saksi memang dilakukan di Mapolda Jawa Timur. Sebab, ada beberapa kegiatan yang dilakukan KPK di Surabaya, serta faktor keterbatasan jumlah penyidik. (Aza/Riz/nds/INI-Network)

Baca Juga:

Jokowi Disebut Tidak Etis Persoalkan Lahan Prabowo

hamim

KPU Hapus Nama 101 WNA dari DPT

hamim

Jelang Pemungutan Suara 17 April 2019, Stok BBM dan LPG di Papua Maluku Aman

Nethy Dharma Somba

Leave a Comment